Klaim Pembiayaan Pasien DBD Masih Gelap

166

PONOROGO – Sejak pemkab menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah dengue (DBD), biaya perawatan medis pasien penyakit tersebut ditanggung pemkab. Hal itu dikuatkan dengan SK bupati tertanggal 30 Januari 2019.

Meski begitu, penetapan KLB tidak disertai kesiapan mekanisme dan petunjuk teknis (juknis) dari pemkab. Buktinya, hingga kini juknis seputar klaim belum jelas. Imbasnya, rumah sakit dibuat kebingungan saat ada pasien DBD masuk pasca keluarnya SK tersebut. ‘’Sampai sekarang kami belum menerima juknis klaim pembiayaannya,’’ kata dr Siti Nurfaidah, kabid Pelayanan Medik RSUD dr Hardjono, kemarin (3/2).

Siti mengatakan, pihaknya kebingungan lantaran kriteria penetapan pasien DBD dari dinas kesehatan (dinkes) juga belum jelas. Akibatnya, sebagian harus merogoh kantong pribadi untuk menanggung biaya medis. ‘’Untuk sementara kami pakai kriteria dari Dinkes Jatim,’’ ujarnya.

Dinkes Jatim mengeluarkan surat edaran tertanggal 24 Januari 2019 seputar diagnosis DBD. Surat itu disebar ke seluruh dinkes dan rumah sakit di Jawa Timur.  Di dalamnya disebutkan, kriteria pasien DBD adalah yang mengalami demam 2-7 hari secara mendadak, tinggi, dan terus-menerus.

Juga adanya manifestasi, trombosit sama dengan atau di bawah 100 ribu/mm3, dan terjadi kebocoran plasma. ‘’Kalau kebocoran plasma antara lain peningkatan hematokrit sama dengan atau di bawah 20 persen dan efusi pleura,’’ papar Siti kepada Radar Ponorogo.

Atas dasar itulah pihaknya menetapkan kriteria pasien DBD. Mereka yang tidak memenuhi kriteria wajib menanggung sendiri pembiayaan medis. ‘’Ada juga yang masuk kriteria dan akan kami klaimkan ke pemkab, tapi juknisnya belum keluar. Apa saja syarat administrasinya belum ada,’’ tuturnya sembari berharap juknis segera turun.

Informasi yang dihimpun, dari lima rumah sakit saja jumlah pasien DBD sepanjang Januari tahun ini mencapai 973 orang. Perinciannya, RSUD dr  Hardjono 347, RSU Aisyiyah 260, RSU Muhammadiyah 116, RSU Darmayu 68, dan RSU Muslimat 182. (mg7/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here