Klaim Gudang Logistik Pemilu Antibanjir

65

PACITAN – Memasuki musim penghujan yang berdampak banjir dan genangan air, sejumlah wilayah di Pacitan tidak merisaukan komisi pemilihan umum (KPU) setempat. Mereka optimis tak akan berdampak pada logistik pemilu, terutama kotak suara. ‘’Gudang baru penyimpanan logistik aman dari banjir,’’ kata Ketua KPU Pacitan Damhudi kemarin (19/12).

Menurut dia, gudang yang disewa sejak pertengahan 2018 lalu di Pucangsewu itu lokasinya cukup tinggi. Pun saat hujan mengguyur, pengecekan kondisi gedung dari bocoran juga dilakukan berulang kali. ‘’Saat ini kami tidak menemukan air yang masuk gudang, terutama saat hujan. Jadi, kotak suara aman,’’ ujarnya.

Meski begitu, pihaknya tetap mengantisipasi kelembapan ruangan dengan menaruh 10.053 unit kotak suara di atas palet plastik. Sehingga, mengurangi potensi kerusakan pada kotak suara yang terbuat dari kardus tersebut. Pun saat ini kotak suara masih terbungkus plastik. ‘’Kami juga mengantisipasi tikus dan rayap,’’ imbuh Damhudi.

Rencananya, kotak suara tersebut akan didistribusikan April 2019 nanti.  Diprediksi, saat itu telah memasuki akhir musim penghujan. Meski tak ada hujan, kotak suara untuk 1.971 titik tempat pemungutan suara (TPS) itu akan ditambah bungkus plastiknya. Pasalnya, proses perakitan kotak suara bakal dilakukan di sekretariat KPU Pacitan. ‘’Kami sebarkan 9.855 unit kotak suara yang dibutuhkan TPS,’’ ungkapnya.

Damhudi menambahkan, meski pemilu tahun depan menggunakan lima surat suara, namun tak akan memengaruhi proses coblosan. Pemilih dinilai sudah paham dan terbiasa dengan coblosan lebih dari satu surat suara. Sehingga, dia optimistis proses pencoblosan bakal berjalan lancar. ‘’Gak ada masalah, masyarakat sudah biasa. Sejak 2004, 2009, dan 2014 sudah hafal,’’ sebutnya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here