Ponorogo

Kisruh Seleksi Cekok Berakhir

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Tuduhan kecurangan atas seleksi perangkat Cekok, Babadan terpatahkan. Jumat (15/11), Komisi A DPRD memanggil pansel dan panitia pengawas seleksi perangkat desa setempat. ‘’Kami sebagai panitia, berkomitmen menjalankan seleksi ini sesuai aturan,’’ terang Ketua Pansel Perangkat Cekok Eko Nugroho.

Kepada wakil rakyat, Eko menyampaikan klarifikasi atas tuduhan-tuduhan sebagian warganya. Yang menuding proses seleksi kurang fair. Eko menegaskan pihaknya mematuhi Perda 3/2017, Perbup 70/2018, dan Perdes 5/2019 sebagai acuan dalam menyelenggarakan seleksi. ‘’Sesuai aturan, tidak ada larangan bahwa anak kades atau perangkat tidak boleh ikut seleksi. Yang dilarang itu kalau keluarga panitia,’’ ujarnya.

Pun, Eko mengklaim panitia menjalankan seleksi secara fair dan profesional. Dia menjamin tidak ada keistimewaan diberikan kepada peserta tertentu. Seluruh pelamar sebanyak 55 orang mendapat perlakuan sama. Bahkan, pansel menunjuk tim khusus untuk merumus soal ujiannya. ‘’Itu hak dari kawan-kawan yang merasa kurang puas. Yang jelas, kami sudah laksanakan seleksi ini secara jujur, adil, dan transparan,’’ klaimnya.

Ketua Panwas Seleksi Perangkat Desa Tingkat Kecamatan Jaka Wardaya mengklaim sudah bekerja secara maksimal. Pengawasan dilakukan ketat agar seleksi berjalan secara transparan. Jaka pun berpendapat sejak proses awal hingga ujian tertulis, tidak ada yang menyalahi regulasi. ‘’Kami mengawasi langsung bagaimana soal ujian tulis ini dirumuskan. Tidak ada satu pun yang bisa mengakses soal, karena tersegel dan diamankan petugas,’’ ungkap pria yang juga menjabat Camat Babadan itu.

Satu jam lebih mendengar paparan dari pansel dan panwas, Ketua Komisi A DPRD Eka Rekno Setyani menarik kesimpulan. Bahwa, proses seleksi perangkat Cekok sudah sesuai regulasi. Mulai dari perda, perbup, hingga perdes setempat. Karena sudah dipastikan tidak melanggar regulasi, komisi A merekomendasikan kepada pansel dan panwas untuk melanjutkan proses seleksi tersebut. ‘’Dari pemaparan pansel dan panwas, prosesnya sudah sesuai regulasi. (Polemik) sudah selesai,’’ pungkasnya. (naz/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close