Kiprah Universitas Terbuka (UT) dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Madiun

21

SUMBER Daya Manusia (SDM) merupakan aset utama suatu organisasi, termasuk organisasi pemerintahan. Masa depan dan kelestarian suatu organisasi bergantung pada pengetahuan, keterampilan dan kompetensi SDM, serta sinergi antara SDM sebagai penggerak organisasi dan pengelolaan yang efektif sumber daya lainnya yang ada dalam organisasi tersebut. SDM merupakan aset yang paling pelik untuk dikelola karena keunikan individu, perbedaan kompetensi, kualifikasi, keahlian serta latar belakang SDM yang menjadi bagian dari suatu organisasi. Perhatian yang sungguh-sungguh terhadap SDM dalam suatu organisasi makin meningkat karena produktivitas suatu organisasi banyak ditentukan oleh kinerja SDM-nya.

Era revolusi Industri 4.0 saat ini menghendaki setiap negara untuk bekerja lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan daya saing. Peningkatan kualitas dan produktivitas kerja menjadi tuntutan setiap bangsa agar produk dan jasa yang dihasilkannya mampu bersaing secara regional maupun global. Tuntutan perubahan budaya kerja ini juga dihadapi organisasi yang bergerak dalam bidang jasa pendidikan, termasuk pendidikan tinggi jarak jauh. Universitas Terbuka (UT) dituntut pula untuk terus menerus meningkatkan kinerja dan produktivitasnya serta mampu berkompetisi dan berkolaborasi dengan pesaingnya. Sebagai institusi besar yang disebut universitas-mega (mega-university) dengan sekitar 307.000 mahasiswa.  Menyandang predikat mega university ini menjadi tantangan tersendiri, karena itu UT Surabaya terus berupaya untuk mewujudkan visinya menjadi Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) berkualitas dunia.

Sejak awal berdirinya 1984, UT telah berkiprah di Madiun melalui peningkatan kualifikasi akademik untuk guru dan Non guru. Bagi guru UT dengan menyediakan program D2-PGSD dan yang Non Guru (Nonpendas) misalnya Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP). Sebagian besar guru di Madiun adalah lulusan UT. Desember 2018 lalu Direktur UT Surabaya Teguh Prakoso, M.Hum menggagas kerjasama dengan Kota Madiun yang mendapat sambutan hangat dari Walikota Madiun Drs. Maidi, MM., M.Pd.Hal tersebut diungkapkan Walikota ketika talkshow di JTV Madiun

UT terusmengembangkankiprahnyauntuk memperluas jaringan guna meningkatkan kualifikasi akademik masyarakat Indonesia, salah satunya bekerja sama dengan Pondok Pesantren dan berbagai organisasi kemasyarakat maupun organisasi profesi misalnya PERGUNU (Persatuan Guru Nahdatul Ulama).

Kedepan UT akan mengembangkan jurusan Ilmu Hukum yang saat ini banyak diminati masyarakat. Kami telah bekerja sama dengan Kemenkumham dan Kepolisian Republik Indonesia dan beberapa lembaga terkait.

Dalam rangka hari jadi Kota Madiun ke-101, UT akan tetap berkiprah dan berkomitmen terus bermitra dengan Kota Madiun agar gerbang sisi barat Jawa Timur ini terus meraih sukses dengan kualitas SDM yang mumpuni sesuai tuntutan jaman. (adi/mga/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here