Kiprah Ulama Magetan dalam Syiar Agama

36

MAGETAN – Seperti kebanyakan kiai lain, banyak cerita yang menggambarkan KH Bustomi Dienuri mampu menunjukkan kemampuan lebih dari kabanyakan manusia. Dengan memiliki karomah yang tinggi, namun penampilannya sederhana sehingga tak diketahui banyak orang.

Terik matahari menyingsing di atas kepala. Terlihat seorang pria berbaju gamis putih sedang mengajar ratusan santri di sebuah Ponpes Ath Tohirin. Dengan penuh kesabaran dan pembawaan karakter yang kuat. Tapi, itu tak berlangsung lama saat dia mendapati wartawan Jawa Pos Radar Magetan yang datang menyambanginya.

Seketika dia mengenalkan diri. Namanya adalah KH.Bustomi Dienuri. Usianya 48 tahun. Berasal dari Desa Mojopurno, Ngariboyo. Dia menyatakan diri sebagai pemimpin ponpes Ath Thohirin. Ponpes yang sudah dikenal oleh banyak orang itu. Termasuk mereka yang dari luar daerah. ‘’Ini (ponpes) merupakan didirakan oleh orang tua saya. Syukur Alhamdulillah, saya bisa menjalankan amanah itu sampai saat ini,’’ katanya membuka pembicaraan.

Sebagai seorang agamis dan ulama, Bustomi memang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Meski begitu, dirinya mencoba untuk tidak selalu berbesar hari. Supaya bisa menjadi panutan santrinya. Dia juga berusaha untuk bersikap selayaknya Rasulullah SAW. ‘’Saya coba untuk bersikap sesederhana mungkin,’’ ungkap alumnus IAIN Semarang itu.

Dalam prinsip hidupnya, Bustomi punya pendirian. Seperti sedapatnya merubah sikap santri yang masuk ke ponpesnya dari kurang baik menjadi baik. Karena itu, ilmu agama dan pendidikan karakter terus disiarkan dan ditanamkan kepada seluruh santrinya. ‘’Jadi seorang santri yang sesuai dengan ajaran nabi, semua ahklaknya harus lurus,’’ tuturnya.

Tambahan lainnya, Bustomi juga mengajarkan ilmu Thariqah kepada semua santri. Tujuannya sebagai bekal ilmu spiritual untuk menambah keyakinan para santrinya kepada Sang Pencipta. ‘’Saat ini, jamaah Thariqah yang saya ajarkan sudah mencapai sekitar 3 ribu orang,’’ ucapnya. ***(her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here