Magetan

Kios Agrowisata Sarangan Bakal Ditata Ulang

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pembangunan kios agrowisata Sarangan tuntas sejak 2015 lalu. Namun, deretan bangunan yang berada di pinggir Jalan Tawangmangu-Plaosan itu tak lagi ditempati oleh pedagang. Hingga sekarang kondisinya mangkrak. ‘’Sudah ada beberapa dulu, tapi kini sudah tidak jualan lagi,’’ kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Magetan Eddy Suseno Minggu (11/8).

Tercatat ada 10 bangunan kios di agrowisata Sarangan tersebut. Semuanya tidak terpakai sekarang. Selain itu, di bagian dinding kios banyak terdapat coretan. Eddy mengaku kios yang dibangun dengan alokasi anggaran sekitar Rp 196 juta itu memang kurang diminati pengunjung. Karena lahan parkir kendaraan berada pada kontur tanah yang miring.

Di samping itu, letak bangunan kios agrowisata tersebut tidak strategis. Di mana berada di dekat jalur tanjakan. ‘’Dulu memang diperuntukkan penjual yang berada di pinggir jalan,’’ ujarnya.

Tetapi, pihaknya berusaha untuk menghidupkan kembali operasional kios itu pada tahun ini. Diawali dengan penambahan area parkir di sebalah utara kios. Nilainya mencapai Rp 100 juta. Proyek itu bahkan sudah dimulai sejak Juli lalu. ‘’Ditargetkan sebelum akhir tahun sudah selesai,’’ terangnya.

Lantas bagaimana dengan kondisi bangunan kios agrowisata Sarangan yang sekarang terkesan compang-camping? Eddy mengaku belum ada rehabilitasi bangunan tahun ini. Perbaikan hanya berupa pengecatan dinding. ‘’Fasilitas lainnya masih bagus. Begitu juga dengan bangunannya. Hanya, temboknya yang perlu dicat baru lagi,’’ ungkapnya.

Setelah semua proses itu dilalui, selanjutnya pengelolaan kios bakal ditata ulang. Tidak hanya dijadikan sentra agrowisata, tetapi juga bisa sebagai kedai kopi atau penjualan produk lain. ‘’Yang penting konsisten mau berjualan di sana,’’ tuturnya.

Eddy berharap pada akhir tahun nanti operasional kios agrowisata Sarangan itu dapat beroperasi kembali. ‘’Ya, nanti akhir tahun sudah bisa digunakan untuk berjualan,’’ ucapnya. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close