AdvertorialMadiun

Lima Tahun, DPRD Kota Madiun Hasilkan Dua Lusin Perda Inisiatif

MADIUN – Tiga peraturan daerah (perda) inisiatif DPRD Kota Madiun akhirnya ditetapkan Jumat (19/7). Hal itu sekaligus menjadi pemungkas tugas anggota dewan periode 2014-2019 dalam menuntaskan seluruh program legislasi daerah (prolegda).

Adapun tiga perda tersebut yakni perda tentang perlindungan dan pemberdayaan petani, perda tentang sistem kesehatan daerah, serta perda tentang penanggulangan gelandangan dan pengemis.

Ketua DPRD Kota Madiun Istono mengaku bangga. Karena hal itu menjadi prestasi tersendiri untuk DPRD Kota Madiun. Sebab, mereka sudah tidak lagi mempunyai tanggungan sebelum purnatugas. ’’Kami tidak hanya mengerjakan tugas pokok, tetapi juga bisa membuat perda yang diharapkan dapat berguna bagi masyarakat,’’ katanya.

Menurut dia, semua terjadi berkat kerja keras seluruh pihak. Terutama seluruh anggota DPRD Kota Madiun yang tidak kenal lelah membahas secara maraton sejumlah raperda menjadi perda. Terpenting, pihaknya berharap tiga perda inisiatif itu semakin berguna dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ’’Sudah banyak perda inisiatif yang kami buat. Secara kinerja legislasi, kami tergolong produktif,’’ ujar Istono.

Selanjutnya, tiga perda itu bakal disosialisasikan ke masyarakat pada Agustus. Setelah mendapat register nomor perda dari pemprov. ’’Jadi, anggota dewan masih mempunyai kewajiban untuk menyosialisasikan tiga perda itu kepada masyarakat,’’ ungkapnya.

Terkait perlu tidaknya ada tindak lanjut peraturan wali kota (perwal) dari tiga perda yang sudah ditetapkan tersebut, semua bergantung kebutuhan. Misalnya, apabila ada pasal yang secara teknis harus diatur lebih detail bisa ditindaklanjuti dengan perwali. ’’Kalau sudah begitu, tugasnya wali kota untuk menyelesaikan penyusunan perwal itu,’’ jelasnya.

Secara keseluruhan, ada 24 perda inisiatif yang telah ditetapkan oleh anggota DPRD periode 2014–2019. Termasuk di antaranya tiga perda yang baru disetujui kemarin. Jumlah itu belum termasuk 94 perda yang diajukan oleh eksekutif dalam lima tahun terakhir. (her/c1/ota/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close