Kewajiban Partai Dijalankan, Lembaga Jangan Dilupakan

128

PONOROGO – Dewan memulai derap pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) tahun ini. Kemarin (12/2) DPRD menggelar rapat paripurna penetapan program pembentukan daerah (propemperda) 2019. Juga, ada susulan satu draf raperda baru kemarin. Alhasil, disepakati 14 raperda pada tahun ini. ‘’Kami harapkan dukungan penuh dari pemkab agar proses penetapan ini bisa cepat dituntaskan,’’ kata Ketua DPRD Ali Mufthi.

Kemarin diketahui pula draf raperda baru disusulkan dalam propemperda. Yakni, raperda mengenai peredaran minuman beralkohol (minol). Usulan tersebut berasal dari polres setempat. Ali memberi lampu hijau masuk dalam propemperda tahun ini. Selain sejumlah raperda lain seperti revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW), pengelolaan limbah, tera ulang, dan pemekaran wilayah. ‘’Seluruh raperda kami anggap sebagai prioritas yang harus diselesaikan tahun ini,’’ ujarnya.

Kesepakatan yang telah diambil antara DPRD-pemkab kemarin diharap menjadi momentum. Untuk menyelesaikan pembahasan seluruh raperda tanpa sisa. Semuanya bakal dibahas secara cermat, cepat, dan akurat. ‘’Harapan kami, pengesahan seluruh raperda bisa lebih cepat,’’ tuturnya.

Ali tak menampik pengesahan propemperda kemarin terlambat. Pasalnya, wakil rakyat harus berkonsultasi terlebih dahulu ke pemprov terkait rencana propemperda. Kendati saat ini wakil rakyat juga disibukkan kampanye, Ali meminta seluruh anggota bertugas secara serius dan profesional. ‘’Kewajiban kepada partai (kampanye) dijalankan, kewajiban kepada lembaga DPRD jangan dilupakan. Ini penting untuk diperhatikan,’’ tekannya. (naz/c1/fin/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here