Ketua KPU Sebut Kedatangan Surat Suara DPRD Kabupaten Molor

82

PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan dituntut cermat menyusun jadwal Pemilu 2019. Pasalnya, logistik, terutama surat suara, tidak datang bersamaan. Sebelumnya surat suara pilpres, DPD, dan DPRD kabupaten dapil VI telah diterima. Kemarin (20/3) sekitar pukul 13.30, surat suara dapil VII DPRD provinsi. ‘’Total 480.193 lembar dikemas dalam 961 kardus,’’ kata Ketua KPU Pacitan Damhudi.

Hari ini surat suara tersebut bakal langsung sortir dan dilipat. Satu jenis surat suara tersisa diperkirakannya datang Sabtu (23/3). Yakni, DPRD kabupaten. Dia menyebut kedatangan surat suara di Pacitan memang molor. ‘’Tidak ada patokan. Indikatornya (daerah, Red) yang lain sudah, Pacitan belum,’’ ujarnya.

Pihaknya tidak bisa berbuat banyak selain menunggu. Pun harus menyesuaikan timeline distribusi ke setiap kecamatan. Pihaknya bakal menambah tenaga sortir dan lipat. Harapannya seluruh surat suara tuntas didistribusikan 10 April mendatang. Hanya, rencana tersebut bakal diberlakukan jika ada indikasi keterlambatan. ‘’Untuk mengejar waktu, kami akan menambah petugas sortir dan pelipatan,’’ tuturnya.

Pihaknya bakal menghitung waktu penyelesaian proses sortir dan pelipatan dalam sehari. Namun, hingga kini Damhudi belum tahu jumlah dan jenis kerusakan surat suara hasil sortir. ‘’Saya belum dapat laporan. Ini tadi ada kegiatan di polres, rekapitulasi dan sebagainya,’’ kilahnya.

Hingga kini jumlah surat suara yang diterima KPU Pacitan 1.551.020 lembar. Selain surat suara dapil 6 DPRD kabupaten 109.571 lembar, juga 480.193 lembar surat suara pilpres, DPD, dan DPRD provinsi. Sementara yang belum surat suara DPRD kabupaten dapil 1 hingga 5. Sedangkan surat suara dua TPS tambahan belum dikirim. Masih menunggu persetujuan KPU RI. ‘’Kalau disetujui, seluruh logistik dikirim dalam satu paket. Termasuk anggaran untuk KPPS dan lainnya,’’ tegasnya. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here