AdvertorialNgawi

Ketua DPRD Ngawi Donorkan Darah

Jangan Sampai Stok Kosong

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Minimnya stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Ngawi membuat kalangan dewan tidak bisa tinggal diam. Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko yang sengaja mendatangi kantor UTD PMI Ngawi untuk memeriksa ketersediaan stok, juga melakukan donor darah Selasa (25/8). ‘’Niat kami ingin memotivasi lagi agar masyarakat, terutama para pendonor, mau melakukan donor darah lagi,’’ kata Antok, sapaan Dwi Rianto Jatmiko.

Antok mengungkapkan, ketersediaan darah di UTD PMI Ngawi berkurang drastis sejak pandemi Covid-19 lalu. Bahkan, dari keterangan yang didapatnya, stok darah sempat kosong selama beberapa hari. ‘’Penyebabnya karena masyarakat yang biasa rutin melakukan donor darah, sempat berhenti karena ada wabah virus korona ini,’’ ungkapnya.

Termasuk Antok sendiri yang selama ini juga rutin donor darah, namun sempat terhenti sejak pandemi Covid-19. Karena itu, pihaknya sengaja melakukan donor darah lagi untuk menyemangati masyarakat. Menurut Antok, kepedulian masyarakat untuk menyumbangkan darahnya perlu dibangun lagi saat ini. ‘’Kita semua pasti tahu, bahwa ketersediaan darah di PMI sangat penting. Makanya perlu digalakkan lagi (donor darah), jangan sampai stok darah minim atau bahkan kosong,’’ tuturnya.

Antok mengaku sempat mengecek ke beberapa rumah sakit. Dia mengatakan masih banyak pasien mulai dari anak-anak hingga dewasa yang proses penyembuhan maupun perawatan penyakitnya sangat tergantung dari kebutuhan darah. Pihaknya juga memastikan PMI sudah memiliki standar khusus untuk melaksanakan donor darah yang aman dari ancaman virus Covid-19. ‘’Jadi tidak usah takut (melakukan donor darah), karena justru dengan donor darah bisa sekaligus mengecek kondisi kesehatan kita,’’ ungkapnya.

Pihaknya juga sudah mendata beberapa anggotanya yang dipastikan ikut mendonorkan darahnya. Dia mencatat sedikitnya sudah ada belasan pendonor yang siap. Termasuk dari Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP Ngawi yang rencananya juga akan menggelar donor darah masal untuk anggotanya. (tif/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close