Ketat, Mau Nikah Wajib Tes Urine

715
BAHAGIA: Pasangan nikah masal di rumah dinas wali kota bulan Juni lalu.

MADIUN – Anda mau nikah tahun ini? Siap-siap menjalani tes urine. Punya atau tidak punya penyakit menular, akan terdeteksi. Bagi pemakai narkoba juga akan ketahuan. ’’Itu syarat menikah tahun ini dari Kemenag,’’ kata Kasi Bimas Kemenag Kota Madiun Agus Burhani.

Namun, sampai sekarang belum ada edaran sehingga belum diberlakukan di Kota Madiun. Dalam waktu dekat, informasi itu akan ditanyakan langsung ke Kanwil Kemenag Jatim. ’’Kalau diberlakukan ya kami siap menjalankan perintah,’’ ujarnya.

Sementara ini, aturannya calon pengantin baru diwajibkan suntik TT. Sudah setahun ini Kemenag Kota Madiun  bekerja sama dengan dinas kesehatan melakukan pemeriksaan tes kehamilan. Tes  ini memudahkan penghulu menentukan status perwakinan. ’’Dalam agama kan tidak boleh kalau perempuannya hamil terus suami yang mau nikahi ternyata bukan ayah kandung janin itu,’’ paparnya.

Agus menjelaskan, jika nanti tes urine benar terlaksana, dia memastikan akan ditindaklanjuti dengan Dinkes Kota Madiun. Pun, tes urine dianggap cukup vital untuk mendeteksi dini penyakit menular atau ikut memerangi narkoba. ’’Kalau diketahui terlebih dahulu, paling tidak ada pencegahan yang kita lakukan,’’  jelasnya.

Puspitasari, salah seorang warga Kota Madiun, mengaku sah-sah saja jika Kemenag memberlakukan aturan itu. Bahkan, dia setuju karena membantu masing-masing pengantin mengetahui lebih dini pasangannya sebelum melangkah terlalu jauh. ’’Jadi bisa saling mengenal, kalau nggak dites mana ketahuan kan,’’  katanya. (dil/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here