NgawiPolitik

Keponakan Gus Dur Daftar Bacawabup Ngawi dari PKB

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Nama besar Presiden ke-4 RI mendiang KH Abdurrahman Wahid atau yang biasa disapa Gus Dur bakal mewarnai kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ngawi tahun ini. Itu seiring langkah salah seorang keponakannya yaitu Nuri Karimatunnisa mengambil formulir bakal calon wakil bupati (bacawabup) PKB. ‘’Alasan saya karena ingin melihat ada warna baru di Ngawi,’’ kata Nuri usai mengambil formulir di kantor DPC PKB Ngawi Selasa (14/1).

Bukan tanpa alasan Nuri berniat macung wakil bupati. Dia melihat kalangan Nahdliyin -sebutan bagi warga Nahdlatul Ulama (NU)- di wilayah setempat sangat banyak. Namun, belum ada sosok yang berani tampil meramaikan kontestasi pilkada. ‘’Targetnya, yang pasti bisa diperhitungkan pihak lain,’’ ujarnya.

Dia mengaku tidak ingin melihat kaum perempuan dianggap remeh dalam dunia politik dan pemerintahan. Pun, kesuksesan Khofifah Indar Parawansa menjadi gubernur dan Tri Rismaharini sebagai wali kota Surabaya dinilai menjadi bukti perempuan juga mampu memimpin.

Nuri yang juga seorang guru di salah satu sekolah swasta Ngawi itu mengaku sempat menjajaki ikut penjaringan di sejumlah parpol lain. Namun, tinggal PKB yang masih membukanya. ‘’Makanya, ini kami coba untuk mendaftar di PKB,’’ tuturnya.

Bagaimana jika kelak tidak terpilih mendapatkan rekomendasi dari PKB? Nuri mengaku tidak masalah. Pun, dia tak akan mendaftar melalui jalur independen lantaran hal itu dinilai sudah tidak memungkinkan karena prosesnya sudah terlalu mepet. Meski begitu, jika ada bacabup yang berniat menggandengnya, sepupu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan mantan Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf ini menyatakan siap. ‘’Kita lihat saja perkembangannya nanti seperti apa,’’ kata Nuri.

Sekadar diketahui, Nuri merupakan putri Muslih Hasbulloh. Muslih adalah putra Mu’asshomah Bisri, kakak Sholihah Bisri yang merupakan ibu kandung Gus Dur. Nuri juga memiliki hubungan kekerabatan dengan Muhaimin Iskandar lantaran ayahnya merupakan adik dari ibu kandung Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar.

Ketua DPC PKB Ngawi Khoirul Anam Mukmin membenarkan bahwa kemarin Nuri telah mengambil formulir. Namun, dia belum tahu kapan yang bersangkutan bakal mengembalikannya. Sejak penjaringan dibuka sampai saat ini, kata dia, sudah enam orang yang mengambil formulir. ‘’Yang mengembalikan baru satu orang,’’ ujarnya.

Terkait adanya sejumlah aktivis organisasi dan pendidikan yang mengambil formulir di partainya, Anam memberikan apresiasi. Pun, pihaknya bakal melaksanakan proses penjaringan sesuai mekanisme yang diatur partai. ‘’Ya nanti akan kami verifikasi dulu, lalu diserahkan ke DPW. Selanjutnya menunggu rekomendasi turun,’’ ungkapnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close