Kepedulian Juli Sulap Sampah Plastik Jadi Berbagai Kerajinan

76

BERBAGAI model kerajinan tangan menarik diproduksi di bank sampah ’’Sapu Jagad’’. Lokasinya di Kelurahan Ringin Agung, Kecamatan/Kabupaten Magetan. Bank itu didirikan Juli Kuswanto, seorang ASN di lingkup Pemkab Ngawi. ’’Kami pakai upcycle (daur ulang sampah),’’ ujar Juli kepada Jawa Pos Radar Magetan.

Pria 40 tahun itu sejak 2014 mendirikan bank sampah. Dalam pikirannya, dia ingin mengubah sampah menjadi berkah. Juli memang terobsesi dengan masalah di Magetan yang tidak bisa dibendung lagi. Jumlahnya berton-ton setiap hari. ’’Saya mencermati kondisi lingkungan, akhirnya ada ide mendaur ulang sampah,’’ jelas pria yang tinggal di Jalan Karya Dharma, Ringin Agung tersebut.

Kenapa upcycle? Juli mengatakan, daripada sampah plastik dibuang ke sungai dan merusak ekosistem lebih baik diproses daur ulang. Awalnya, tak banyak para ibu di lingkungan rumahnya melirik kegiatannya itu. Namun, dirinya tetap gigih menyakinkan. Dan memberi contoh berproduksi. Dia rela keliling di sejumlah kampung untuk membeli sampah plastik. ’’Awalnya saya bersama keluarga produksi karya kerajinan dompet, tas, suvenir dengan berbagai corak,’’ ujarnya.

Akhirnya, kata dia, para ibu di lingkungannya kepincut. Mereka bergabung. Selanjutnya bersama Juli memproduksi kerajinan di bank sampah itu. Dalam sebulan ada 30 sampai 50 kerajinan. ’’Untuk menembus pasar saya harus rajin ikut pameran dan toko online,’’ jelasnya.

Tidak cuma di wilayah lokal, tetapi produknya sudah sampai luar Magetan. Pemasaran barangnya sampai  Surabaya, Jakarta, bahkan sejumlah kota di luar Pulau Jawa. Produknya dinamai Ebibag. Tak salah langkah itu. Produknya juga laris manis. ’’Omzet bagus setiap minggunya,’’ jelasnya.

Karena pasar terbatas, suami Siti Marsitoh itu membuat kerajinan tidak dalam jumlah yang besar. Namun hasil dari penjualannya terbukti masih tinggi. Di balik itu, kata dia, bukan profit yang jadi tujuan utama. Melainkan, edukasi bagi warga untuk memanfaatkan sampah. Seperti dirinya sampah plastik disulap jadi kerajinan kreatif. (*/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here