Kendaraan Pemudik Tumpah Ruah di Exit Ngawi

148

NGAWI – Fungsional tol Ngawi-Mantingan diharapkan memecah kepadatan arus mudik tahun ini. Pertimbangan efisiensi waktu tempuh bakal menyedot minat pemudik memilih tol ketimbang jalur nasional. Namun, pemudik tujuan Bojonegoro, Blora, dan Magetan harus keluar tol. Sehingga, akan tumpah di jalanan Ngawi. ‘’Keluarnya melalui satu gardu di pintu exit tol Ngawi,’’ kata Manajer Jasa Marga Tol-Road Operator (JMTO) Area Solo-Ngawi Sih Wiyono, Sabtu (9/6).

Menurut Sih, sejak dibuka Jumat lalu (8/6), volume kendaraan yang melintas di tol mulai meningkat namun masih aman. Dia meyakini pemudik bakal terus meningkat. Puncaknya diprediksi bakal terjadi pada H-4 Lebaran.

Sejumlah antisipasi kerawanan lalu lintas telah disiapkan mengingat tol fungsional belum 100 persen jadi. ‘’Buka 24 jam penuh. Bagi pemudik yang menuju Madiun, bisa membayar saat keluar dari Ngawi. Sementara pengendara tujuan Bojonegoro, bisa keluar tol tanpa harus bayar (untuk ruas tol Ngawi-Mantingan),’’ tambahnya.

Kendaraan limpahan tol bakal tumpah ruah di simpang tiga Jalan Soekarno (keluar pintu tol Ngawi) dan tusuk sate Pos Banyakan. Pun kendaraan yang memang melintas di jalur tersebut. ‘’Kami perkirakan tidak ada kendala,’’ ujar Kasatlantas Polres Ngawi AKP Rukimin.

Pada dua titik simpang tiga tersebut, lanjut dia, segala sesuatu terkait jalur mudik sudah disiapkan matang. Di antaranya 23 pos penjagaan, pengawasan, dan pelayanan. Selain itu, posisi jalur belok kiri pada dua pertigaan tersebut, disebut Rukimin mampu mengurai kepadatan kendaraan. ‘’Tidak perlu khawatir, petugas kami sudah siap di pos masing-masing,’’ tegasnya.

Sementara Kanit Laka Polres Ngawi Iptu Cipto Utoyo menambahkan, kemungkinan pemudik transit ke Ngawi relatif minim. Sebab, mereka tidak ingin membuang waktu hanya untuk singgah. Menurut dia, para pemudik bakal lebih memilih meneruskan perjalanan. Terutama tujuan Madiun maupun lebih ke timur lagi. ‘’Kalau untuk tujuan Bojonegoro, Blora, dan Magetan, turunnya memang di Ngawi,’’ kata Cipto. (mg8/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here