Kenali Ciri dan Gejala DBD

183

PONOROGO – Tanda terserang virus dengue biasanya mengalami demam, dengan suhu panas badan lebih dari 38,5 derajat Celsius selama 2-4 hari. Diikuti kondisi tubuh lemas dan syok. Sebenarnya suhu panas tubuh semakin meningkat selama awal terinfeksi. ‘’Tapi, itu berkat obat penurun panas. Setelah obatnya tidak bekerja, badan kembali demam,’’ kata dr Sudarmanto SpA.

Dia menyebut ada empat gradasi orang terinfeksi virus dengue. Pertama, panas tubuh tinggi diikuti trombosit rendah tanpa pendarahan yang diprovokasi. Kedua, ditambah dengan pendarahan spontan, bintik merah, dan mimisan. Ketiga, tensi trombosit turun dan kesadaran berkurang. ‘’Terakhir, mengalami syok hingga trombosit turun drastis dan tidak sadarkan diri,’’ urai dokter spesialis anak RSUD Dr Harjono itu.

Ukuran normal trombosit manusia berada di 150-400 ribu/mililiter. Jika trombosit sudah di bawah 100 ribu/mililiter hampir dipastikan mengarah ke DBD. Namun, tetaplah harus dipastikan melalui uji laboratorium. ‘’Patokannya tidak hanya trombosit. Untuk mengukur HB, lekosit, dan lain-lain diperlukan uji laboratorium,’’ tegasnya.

Nyamuk Aedes aegypti akan menyebarkan virus dengue ke orang lain setelah menggigit orang yang terinfeksi. Itu mengapa dalam satu rumah hampir seluruh anggota keluarga terinfeksi virus mematikan tersebut. ‘’Nyamuk ini dapat berkembang biak dengan mudah dalam jumlah yang besar,’’ imbuhnya.

Faktor cuaca sangat memengaruhi pertumbuhan nyamuk pembunuh nomor satu itu. Awal penghujan menjadi musim kembang biak nyamuk Aedes aegypti; yang proses kembang biaknya darah manusia. ‘’Jadi, saling berkorelasi antara perkembangbiakan nyamuk dengan jumlah penderita DBD,’’ tegasnya.

Dia menyebut, anak-anak merupakan korban paling rentan terserang virus dengue. Sebab, daya tahan tubuh lebih rendah dibandingkan dewasa. ‘’Sehingga lebih mudah menyerang,’’ tuturnya.

Karenanya, jika anggota keluarga mengalami demam tinggi dua hari berturut diimbau lekas diperiksakan ke dokter. Lebih cepat lebih baik. ‘’Jika terlambat bisa berujung kematian,’’ ungkapnya. (mg7/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here