Keluyuran saat Jam Sekolah, 9 Pelajar Bolos Terciduk

93

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Masih ada saja pelajar yang keluyuran saat jam sekolah. Teranyar, sembilan siswa terjaring razia petugas satpol PP. Mereka diciduk saat asyik nongkrong di warung kopi. ‘’Sebagian kami temukan di warung bawah jembatan Taman Bantaran, sisanya di warung belakang SMKN 1,’’ kata Kasi Operasi Satpol PP Kota Madiun Suwarno Kamis (12/9).

Suwarno memerinci, dari sembilan pelajar itu terdiri satu siswa SMA dan lima SMK. Sisanya yang tiga anak merupakan pelajar dari salah satu SMP di Kwadungan, Ngawi. Mereka berboncengan menggunakan satu motor dan tanpa mengenakan helm. ‘’Tentunya belum punya SIM, tidak bawa STNK pula,’’ ungkapnya.

Sembilan pelajar yang terjaring razia itu kemudian diangkut ke kantor Satpol PP Kota Madiun. Di sana mereka didata dan dilakukan pembinaan. Juga diminta membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya.

Pihak sekolah dan orang tua, lanjut Suwarno, juga dipanggil. Namun, hanya seorang guru yang datang. Satpol PP akhirnya berinisiatif mengantarkan pelajar yang terjaring razia tersebut kembali ke sekolah masing-masing.

Kepala Satpol PP Kota Madiun Sunardi Nurcahyo menyebut, hingga September tahun ini pihaknya telah mengamankan 89 pelajar yang kedapatan keluyuran saat jam sekolah. Perinciannya, Januari 33, Februari 6, Mei 4, Agustus 28, dan September 18. ‘’Kasihan orang tuanya, sudah mencarikan biaya untuk sekolah tapi malah disia-siakan,’’ ucapnya.

Sunardi menuturkan, pihaknya telah memetakan titik-titik yang kerap dijadikan lokasi pelajar nongkrong saat bolos sekolah. Yakni, warung sekitar Pasar Mojorejo, Kanigoro, Pilangbango, Merak, dan Ngegong. ‘’Kebanyakan memilih warung yang lokasinya masuk gang,’’ ungkapnya.

Dia berharap, para orang tua dan pihak sekolah berperan aktif menanggulangi pelajar bolos sekolah. Selain itu, meminta para pendidik memberikan pemahaman kepada oknum siswanya yang kerap keluyuran saat jam pelajaran. ‘’Bukan dimarahi, tapi bagaimana agar perilaku mereka berubah,’’ katanya. (mgd/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here