Kekurangan Surat Suara DPTb Tunggu KPU RI

32

MAGETAN – Coblosan tinggal 11 hari lagi. KPU kini memasuki tahap akhir persiapan pemilu. Salah satu paling krusial adalah kesiapan distribusi logistik. Karena sampai dengan kemarin (5/4), KPU Magetan belum menerima penggantian surat suara yang rusak. Selain itu, permintaan surat suara untuk pemilih tambahan juga belum dikirim oleh KPU RI.

Kendati begitu, penyelenggara pemilu di daerah tersebut telah merampungkan proses pendataan ulang kelengkapan logistik sebelum kemudian didistribusikan ke kecamatan.

Ketua KPU Magetan Popy M.S Putranto mengatakan sebanyak 1.629.993 lembar yang sudah selesai disortir beberapa waktu lalu bakal didistribusikan ke wilayah secara lima tahap. Diawali dengan pendistribusian logistik untuk pemilihan calon anggota DPR RI. ‘’Proses itu terus bergantian hingga terakhir logistik untuk pemilihan presiden dan wakil presiden,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Magetan.

Dia mengungkapkan pendistribusian logistik ke kecamatan bakal dimulai Minggu (7/4). Tapi, sebelum itu pihaknya sudah lebih dulu mengecek keberadaan logistik yang tersimpan rapat di kotak suara tersebut. ‘’Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada kendala apa pun. Selanjutnya kami akan segel, guna mengantisipasi adanya kecurangan,’’ terangnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Magetan lainnya, Nur Salam mengatakan kebutuhan logistik bagi sekirar 5 ribu orang yang masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) masih menunggu petunjuk dari KPU RI. Yang jelas, dia memastikan bahwa kebutuhan logistik pemilih tambahan tersebut sudah teregistrasi. Namun, pihaknya tetap mengantisipasi apabila logistik datang mepet waktu penyelenggaraan pemungutan suara. ‘’Kami sudah mempunyai solusi jika hal tersebut bisa terjadi. Tapi, kami tetap yakin hal itu bisa diatasi oleh KPU RI,‘’ ujarnya. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here