Kejar Penuntasan 13 Raperda

65

PONOROGO – Wakil rakyat menepati janjinya dalam mempersiapkan sejak awal program legislasi daerah (prolegda) 2019. Kemarin (6/2) rapat badan musyawarah (banmus) yang sempat tertunda itu akhirnya terlaksana. Sekaligus menyepakati sejumlah program kerja. ‘’Yang utama prolegda. Akan segera kami paripurnakan,’’ kata Wakil Ketua DPRD Ponorogo Slamet Hariyanto kemarin.

Tingkat kehadiran rapat sekitar pukul 11.00 itu pun dinyatakan kuorum. Sejumlah pejabat pemkab ikut menghadiri rapat yang berlangsung sekitar satu jam tersebut. Satu jam duduk bersama di ruang rapat paripurna, banmus mendapat dua kesimpulan. ‘’Ada dua agenda yang diprioritaskan. Selain prolegda, yaitu rapat-rapat maupun sidak di masing-masing komisi,’’ sebutnya.

Khusus prolegda, wakil rakyat segera tancap gas. Dalam rapat paripurna 12 Februari mendatang, akan dipetakan raperda mana saja yang mendesak disegerakan. Dari 13 raperda, beberapa di antaranya cukup diatensi. Seperti raperda revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW), pemekaran wilayah, pengelolaan sampah, atau tera ulang. ‘’Selanjutnya, forum yang menyepakati,’’ ujar Slamet.

Slamet berharap, 13 raperda dapat dibahas dan diperdakan tahun ini. Di satu sisi, Slamet mengakui bahwa saat ini 45 anggota legislatif (termasuk dirinya) juga tengah disibukkan dengan kegiatan kampanye pileg April mendatang. ‘’Ini kaitannya pertanggungjawaban kinerja, rancangan APBD, atau APBD-P. Kemungkinan, rapat paripurna prolegda bulan ini langsung ditindaklanjuti Maret nanti. Harapannya, setelah April, sebagian raperda sudah bisa digedok,’’ jelasnya. (naz/c1/fin/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here