Madiun

Kegilaan Alvin Setya Patria pada Action Figure

Hari-hari Alvin Setya Patria sejak beberapa tahun terakhir tidak bisa lepas dari action figure. Bermula dari hobi nonton film dan main game, pria satu ini keranjingan mengoleksi replika tokoh tertentu itu.

—————-

DILA RAHMATIKA, Madiun

PULUHAN action figure tertata rapi di lemari ruang tamu rumah Alvin Setya Patria di Jalan Jeruk. Mayoritas berupa replika karakter film dan game. Di antaranya, Hellboy, Chucky, dan Terminator. ‘’Ini yang paling mahal,’’ kata Alvin sembari menunjuk replika Lemmy Kilmister, pentolan band heavy metal Motorhead.

Alvin mengoleksi action figure sejak 2017. Itu tidak terlepas dari hobi nonton film dan bermain game. ‘’Suka (action figure) dari SMP, tapi baru setelah kerja bisa beli,’’ ujarnya.

Koleksi pertama miliknya adalah Koba, sosok kera antagonis dalam film The Dawn Planet of the Apes. Kala itu Alvin membelinya secara online seharga  Rp 350 ribu. Kini, koleksi pria tersebut mencapai puluhan. ‘’Setiap habis lihat film pengin beli, apalagi kalau ada karakter yang unik,’’ akunya.

Untuk memuaskan hasratnya mengoleksi action figure yang diincarnya, Alvin rajin memelototi marketplace. ‘’Kebanyakan beli secara online dari berbagai kota, bahkan ada yang dari luar pulau Jawa,’’ tuturnya.

Untuk menghindari debu dan jangkauan anak, Alvin sengaja menyimpan koleksinya di lemari kaca. Sepekan sekali dia menyempatkan waktu untuk membersihkan. ‘’Biasanya, hari Sabtu atau Minggu saat libur kerja,’’ kata Alvin.

Membersikan koleksi action figure tidak boleh sembarangan. Harus hati-hati agar bagian tubuhnya tidak patah. ‘’Dibersihkan pakai lap atau tisu. Lalu, menempatkan silica gel agar kelembaban terjaga,’’ terangnya.

Meski koleksinya sudah mencapai puluhan, Alvin  belum mau berhenti berburu action figure. Untuk mendapatkannya kadang tidak mudah. ‘’Kalau dinego-nego nggak dilepas juga ya terpaksa ambil uang tabungan buat beli,’’ ungkapnya. ***(isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close