KriminalitasPonorogo

Kecanduan PUBG, REP Nekat Curi Kotak Amal

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kecanduan game online, REP nekat mencuri kotak amal masjid dan makam. Pria pengangguran asal Jalan Sadewo, Pijeran, Siman, itu terciduk usai mencuri tiga kotak amal di tiga masjid yang berbeda di wilayah Siman dan kotak amal makam Desa Manuk. Total Rp 1.560.000. ‘’Buat (beli kuota) mainan PUBG,’’ katanya saat ditemui Radar Ponorogo di Polsek Siman Senin (29/7).

Kecanduan war game player unknown’s battlegrounds itu benar-benar memutus urat takutnya. Pria 27 tahun ini mengaku sudah ratusan kali mencuri kotak amal yang digunakannya membeli kuota internet dan pakaian. ‘’Saya hanya menggunakan palu. Kotaknya dipecah, lalu gemboknya dibuka,’’ urai penyandang difabel ini.

Pencurian di Masjid Nurul Huda, Siman, sekitar pukul 02.30 Senin (29/7) menjadi aksi terakhirnya. Usai menggondol uang Rp 127.000, takmir dan warga setempat langsung melaporkan. ‘’Dia mendatangi masjid mengendarai sepeda Polygon silver,’’ ujar Kapolsek Siman AKP Dwi Agus Cahyono.

Setelah berhasil diamankan, pelaku mengakui perbuatannya. Sekaligus membeberkan masjid-masjid lain yang telah disasarnya. Yakni, Masjid Sekaran, Masjid Pojok, Ronosentanan; dan Masjid Arrahmah, Tumang Lor, Siman. Sesuai perbuatannya, pelaku bisa dijerat pasal 364 KUHP tentang Pencurian. ‘’Tapi, takmir dan warga sepakat untuk memberikan pembinaan. Dia juga diminta membuat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya,’’ imbuhnya.

Saran kapolsek, seluruh takmir lebih berhati-hati dalam menempatkan kotak amal. Di luar waktu ibadah yang cenderung sepi jamaah, lebih baik disimpan di tempat aman. Jangan sampai memancing datangnya perilaku-perilaku tak baik. ‘’Setelah dikumpulkan secara berkala, uang kotak amal sebaiknya langsung disimpan di kas masjid,’’ imbaunya. (dil/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close