Madiun

Kebut Proyek RTH Mojopurno-Sambirejo, Desember Pekerjaan Harus Sudah Selesai

MEJAYAN, Radar Caruban – Dua proyek ruang terbuka hijau (RTH) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Madiun mengejar waktu. Pembangunan RTH di Desa Mojopurno, Wungu, dan pagar makam Tionghoa di Desa Sambirejo, Jiwan, harus selesai sebelum tutup tahun. Dua proyek yang dibiayai Perubahan APBD (P-APBD) 2019 itu digarap awal bulan ini. ‘’Jangka pengerjaan 45 hari akhir. Desember harus selesai,’’ kata Kabid Pertamanan DLH Kabupaten Madiun Tjuk Kusumo Selasa (19/11).

Tjuk mengungkapkan, total anggaran dua proyek itu sekitar Rp 1,2 miliar. Perinciannya, Rp 500 juta RTH Mojopurno dan Rp 800 juta untuk pagar bongpai. Masing-masing digarap CV Zenita Jati dan CV Jati Kusuma. Anggran itu sudah termasuk biaya jasa konsultan perencana dan konsultan pengawas. ‘’Tanda tangan kontrak Mojopurno 14 November dan pagar bongpai 6 November lalu,’’ sebutnya.

Menurut dia, sudah risiko tempo pengerjaan fisik tidak bisa panjang. Sebab, dibiayai perubahan anggaran keuangan (PAK). Momen pelaksanaan PAK di pengujung tahun. Apalagi, DPRD baru menggedok P-APBD 2019 akhir September. Setelah itu, pihaknya langsung tancap gas. Membuat perencanaan dan memasukkan dokumen lelang ke laman layanan pengadaan secara elektronik (LPSE). ‘’Lelang selesai sekitar satu bulan,’’ ujarnya.

DLH yakin pembangunan bisa selesai tepat waktu. Dua rekanan pelaksana dituntut mengebut pekerjaannya. Hasil pengawasan organisasi perangkat daerah (OPD), sejauh ini penyedia jasa asal Kabupaten Madiun tersebut selalu lembur. Pekerja bekerja hingga larut malam. ‘’Progres masing-masing sekitar lima persen,’’ ungkap Tjuk.

Dia menyebut, pembangunan RTH di Mojopurno meliputi lapangan bola voli dan gazebo. Sedangkan di Sambirejo fokus pada pagar makam sepanjang 170 meter. Infrastruktur itu untuk menghilangkan kesan kawasan bekas lokasi prostitusi. Menyusul pembongkaran warung remang-remang oleh satpol PP beberapa waktu lalu. ‘’Lainnya, pembangunan pos jaga dan pembenahan tanaman,’’ katanya. (cor/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close