AdvertorialNgawi

Kebiasaan Cuci Tangan Bermanfaat bagi Kesehatan

Ajak Masyarakat Galakkan 3M

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh pada 15 Oktober kemarin dinilai momen yang tepat untuk menggalakkan gerakan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) untuk mencegah penularan Covid-19.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Ngawi Agung Kurniawan mengatakan, kebiasaan cuci tangan sudah dikampanyekan sejak dimulainya program pola hidup bersih dan sehat (PHBS). ‘’Intinya, agar tetap sehat dimulai dari kesadaran pribadi dan keluarga, ” ujarnya.

Kebiasaan mencuci tangan juga didukung melalui fasilitas memadai seperti salah satu poin dalam program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Yakni, setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum wajib menyediakan fasilitas cuci tangan. ‘’Mulai wadah, airnya, hingga sabunnya,’’ paparnya. ”Ini untuk mengubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan,” imbuh Agung.

Dia menjelaskan, kebiasaan mencuci tangan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya, mencegah risiko penularan penyakit dan meningkatkan imunitas tubuh. ”Yang paling efektif itu cuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir,” sebutnya.

Agung menambahkan, mencuci tangan perlu dilakukan sebelum makan, setelah buang air besar,  sebelum menyusui, dan setelah beraktivitas. ”Melalui langkah sederhana ini manfaatnya akan luar biasa,” pungkasnya. (ti9/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close