Kebakaran Hutan Arjosari, Polisi Periksa Empat Saksi

19
CARI PETUNJUK: Polisi menggelar olah TKP kebakaran hutan di Desa Jatimalang, Arjosari.

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Polisi mengusut kebakaran hutan di Desa Jatimalang, Arjosari, Pacitan, Senin lalu (7/10). Empat pemilik lahan terdampak diperiksa penyidik Unit Reskrim Polsek Arjosari sebagai saksi Selasa (8/10). ‘’Kami menggali keterangan seputar kejadian kebakaran,’’ kata Kanit Reskrim Polsek Arjosari Bripka Abdi Setyawan.

Abdi menyebut, si jago merah menghanguskan hutan seluas 10 hektare yang ditumbuhi pohon jati, sengon, dan mahoni. Lahan tersebut dimiliki lima orang. Empat di antaranya sudah diperiksa. Tersisa satu yang masih dicari tahu identitasnya. Kebetulan, dugaan titik api muncul pertama kali dari lahan orang tersebut. ‘’Titik awal di bawah tebing dengan kecuraman sekitar 500 hingga 700 meter,’’ ujarnya.

Sejauh ini penyidik menduga kelalaian sebagai penyebab kebakaran. Namun, keterangan empat saksi masih perlu didalami. Juga kesaksian dari pemilik lahan yang masih ditelusuri identitasnya. Bila memenuhi unsur pidana kesengajaan, penyidik bakal menjeratkan pasal 187 KUHP. ‘’Persoalannya minim saksi dan bukti, mengingat dugaan titik awal api di bawah tebing dan jauh dari permukiman,’’ bebernya.

Abdi mengatakan, kebakaran Senin lalu nyaris masuk ke permukiman Dusun Krajan Kulon desa setempat. Bahkan jaraknya tinggal belasan meter dari rumah salah seorang warga. Meski titik api dengan permukiman jauh, kobaran bisa dengan mudah merembet karena hutan dalam kondisi kering. ‘’Warga sudah terbiasa kebakaran hutan. Mengantisipasi dengan membuat sekat,’’ tuturnya. (den/c1/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here