KCC: Ajak Ratusan Peserta City Tour Kota Karismatik

105

MADIUN – Para cyclist yang mengikuti Karismatik Cycling Community (KCC) akan merasa nyaman saat city tour di kawasan Kota Madiun. Rute sejauh 20,1 kilometer yang menjadi menu pembuka dijamin steril dari lalu lalang kendaraan bermotor. Mereka akan diajak keliling sejumlah ruas protokol dan jalur ring road. ’’Karena event ini bertemakan Karismatik, tentunya Kota Madiun harus lebih ditonjolkan. Dan, tentunya mereka (cyclist, Red) harus tahu wilayah Kota Madiun,’’ terang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Madiun Subakri.

Madiun harus menjadi kota ramah bagi cyclist. Meski ber-notabane kota kecil, Madiun memiliki berbagai fasilitas pendukung yang membuat betah bagi siapapun yang singgah. Seperti sejumlah hotel berbintang, dekat dengan akses tol, dan mal. ’’Belum lagi oleh-oleh khas Madiun yang lumayan memanjakan lidah. Tentunya event ini yang kami harapkan juga bisa mengangkat dunia UMKM lokal,’’ jelasnya.

Kata dia, Karismatik Cycling Community ini bisa diadakan rutin tahunan. Sebab hanya dengan event semacam ini yang bisa menggerek perekonomian masyarakat. Bagi pelaku dunia usaha bisa memanfaatkannya sebagai wahana promosi. ’’Karena Kota Madiun tidak memiliki wisata alam. Tentunya melalui event bisa menarik minat masyarakat luar daerah untuk datang ke Madiun. Apalagi sekarang sudah ada tol yang memperlancar transportasi,’’ urainya.

Untuk memperlancar dan menyukseskan KCC ini, sejumlah OPD terkait akan dilibatkan secara aktif. Seperti Dinas Perhubungan yang akan mensterilkan rute yang dilewati. Dinas Kesehatan yang nantinya akan ikut mobile untuk mengantisipasi kecelakaan peserta. Termasuk Dinas Pendidikan, untuk kesiapan para suporter dari kalangan pelajar di sejumlah rute yang dilintasi. ‘’Ada juga Dinas Lingkungan Hidup yang akan berpartisipasi dalam kebersihan. Pokoknya OPD terkait harus berperan aktif,’’ paparnya.

Sementara, sepekan jelang event bergengsi yang di-support Radar Madiun tersebut, sejumlah cyclist lokal mulai warming-up. Mereka menjajal rute yang akan dilewati event yang didukung penuh Pemkot Kota Madiun tersebut. ‘’Sebagai pemanasan saja. Biar nanti bisa melahap rute yang akan dilintasi,’’ tambah Bambang Wisono cyclist Banjarejo Road Bike (BRB). (dip/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here