AdvertorialPonorogo

KBM Harus Tetap Berjalan di Masa Pandemi

Dindik Sosialisasi SE Mendikbud

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo menggelar kegiatan sosialisiasi surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no 4 tahu 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat pandemi Covid-19 di aula SMPN 2 Ponorogo, Kamis (9/7). Dalam kegiatan yang dibarengi dengan penyerahan trofi juara Hari Anak Nasional itu, Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo Endang Retno Wulandari menyampaikan bahwa dalam masa pandemi Covid-19 ini kegiatan belajar mengajar atau sekolah tetap harus berjalan meskipun tanpa tatap muka di dalam kelas.

Menurutnya, langkah pertama yang dilakukan adalah memberikan edukasi tentang standar operasional prosedur protokol kesehatan kepada seluruh tenaga pendidik di Ponorogo. Termasuk penggunaan alat pelindung diri bagi guru dalam memberikan materi pelajaran nanti. Dalam kegiatan pembelajaran itu, faktor kesehatan dan keselamatan anak-anak didik yang diutamakan. ‘’Dunia pendidikan di Ponorogo nanti tetap menerapkan konsep new normal yakni menjaga jarak atau pyshical distancing, pakai masker, pakai face shield dan sering mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, ‘’ jelasnya.

Retno sapaan akrabnya menjelaskan bahwa dalam masa pandemi Covid-19 ini anak-anak harus sekolah. Pasalnya saat di rumah orang tua memiliki keterbatasan ilmu dalam menanamkan pendidikan karakter kepada anak. Maka dari itu dibantu oleh materi yang diberikan guru. Fungsinya untuk merangsang sel motorik kasar maupun halus dan kecerdasan pada anak. ‘’Jadi ke depan guru akan melakukan visit home termasuk memakai face shield dalam memberikan materi pelajaran dalam bentuk kelompok kecil maupun individu, ‘’ jelasnya.

Menurutnya, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting. Tidak heran jika lembaga pendidikan tersebut diatur sedemikian rupa melalui undang-undang. Pun dibentuk lembaganya. Mulai dari pusat hingga ke daerah. Baik kota ataupun Kabupaten. ‘’Jadi ada bidang-bidang, direktorat, dirjen khusus untuk menangani PAUD ini, ‘’ ungkapnya. (set/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close