AdvertorialPonorogo

Kawasan Uji Coba New Normal Ponorogo Diperluas

Pakai Masker Tertib, Jaga Jarak Belum

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kawasan uji coba new normal atau normal baru di Ponorogo diperluas. Satgas penanggulangan Covid-19 setempat menambah tempat ibadah, pasar tradisional, hingga tempat-tempat usaha kuliner sebagai titik baru. ‘’Dari berbagai titik uji coba, secara umum sudah 80 persen baik,’’ kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni Senin (15/6).

Selain berbagai titik tersebut, Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Tambakbayan juga dipilih jadi kawasan uji coba. Kemarin, Ipong dan jajaran pemkab setempat meninjau lokasi tersebut. Dia melihat langsung kesiapan para pelaku usaha dalam menyambut uji coba normal baru. Seluruh pembatik hingga perajin gamelan mengenakan masker dan jaga jarak. Fasilitas cuci tangan tersedia.

Kepatuhan masyarakat di sentra IKM diapresiasi bupati. Dia juga menilai para pedagang di pasar tradisional siap menerapkan protokol pencegahan Covid-19. ‘’Tadi kami lihat, sudah bagus. Juga seperti di Pasar Legi Relokasi. Selain mengenakan masker, juga sudah tertib jaga jarak. Jadi, ada ruang kosong antara satu pedagang dengan lainnya,’’ terangnya.

Perluasan kawasan uji coba, lanjut Ipong, mencakup banyak titik. Harapannya, aktivitas masyarakat berangsur normal di kawasan tersebut. Mulai tempat ibadah, berbagai tempat usaha kuliner, hingga pasar tradisional. ‘’Masyarakat sudah cukup patuh melaksanakan protokol pencegahan Covid-19. Yang masih kurang itu physical distancing,’’ kata bupati.

Menurut Ipong, keputusan new normal ada di pemerintah pusat. Sebelum pemkab mengajukan, perlu persiapan dulu melalui uji coba.

Selain bersinergi dengan kepolisian dan TNI, pemkab juga berkoordinasi intens dengan kejaksaan negeri (kejari) dalam menanggulangi Covid-19.

Menurut Kepala Kejari (Kajari) Ponorogo Indah Laila, sinergi ini agar penanggulangan pandemi di Bumi Reyog berjalan optimal. ‘’Selain mencermati anggaran, berbagai pengadaan terkait penanggulangan Covid-19 ikut kami pantau,’’ kata perempuan yang menjabat wakil ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Ponorogo itu.

Indah menilai positif uji coba normal baru di Ponorogo. Satgas berupaya mengakomodasi keinginan masyarakat untuk kembali beraktivitas seperti biasa. Namun, dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19.

Dia menambahkan, kebijakan uji coba penting untuk melatih kepatuhan masyarakat. ‘’Ponorogo sudah zona kuning. Ketika sudah zona hijau, bupati ingin Ponorogo siap new normal. Uji coba ini penting dalam mengedukasi dan melatih kebiasaan baik untuk masyarakat,’’ jelas Indah. (naz/c1/sat/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close