Kasus CR-V Maut Di-SP3

933

MAGETAN – Rini Pustpitawati alias Rindu akhirnya meninggal dunia. Pengemudi Honda CR-V maut nopol T 1201 EJ yang terjun ke jurang sedalam 100 meter 13 Oktober lalu, meregang nyawa setelah koma tujuh hari. Perempuan itu sempat dirawat di RSUD Sayidiman Magetan dan RSUD Soedono Madiun. ‘’Meninggal pada Sabtu (20/10) pukul 09.45,’’ kata Kasatlantas Polres Magetan AKP Himmawan Setiawan.

Sehingga, polisi pun menghentikan proses penyidikan kasus CR-V maut tersebut. Sebab, kecelakaan lalau lintas (laka lantas) tersebut adalah laka tunggal. Pun tersangkanya mengarah pada Rindu. ‘’Mau gak mau di-SP3 (surat penghentian perintah penyidikan). Nanti ada proses penghentiannya,’’ ujarnya.

Sebenanrnya, pihaknya telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) laka maut itu. hasilnya, guardrail (pagar pengaman jalan) yang semenstinya berdiri 80 cm dari permukaan tanah, ternyata hanya sekitar 30 sentimeter. Itu terjadi akibat tambahan ketebalan aspal badan jalan. Sehingga, mobil CR-V tidak tertahan guardrail dan meluncur dari Jalan Raya Sarangan. ‘’itu hasil pemeriksaan TKP dengan Dishub Provinsi Jatim,’’ jelasnya.

Terkait rencana pemasangan rolling barrier di beberapa titik Jalan Raya Sarangan hingga Jalan Tembus Sarangan-Cemoro Sewu pun telah dikkoridnasikan dengan Dishub Jatimi. Rolling barrier, kata dia,  memang tidak mengurangi angka kecelakaan. Tapi, bisa mengurangi fatalitas kecelakaan. ‘’Setidaknya bisa mengurangi jumlah korban,’’ ungkapnya.

Untuk sementara, lanjut dia, akan ada pemasangan guardrail yang sudah dilelang tahun ini. Ke depan, pemasangan rolling barrier akan ada studi banding ke Jawa Barat. Itu pun menunggu di sana sudah terpasang dengan benar. ‘Titik pertama pemasangan di Magetan, khususnya di jalan tembus,’’ sebutnya.

Selain itu, minimnya lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalan tembus juga jadi perhatian. Sebab, masih berupa lampu tenaga surya. Pun aksi pencurian baterai surya juga menyebabkan lampu tidak berfungsi. Untuk itu, pihaknya bakal menggandeng PLN untuk memasang jaringan hingga ke kawasan tersebut. ‘’PJU juga dipasang Dishub Jatim,’’ jelasnya. (mg4/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here