Kasun Indisipliner Penuhi Panggilan Camat, Janji Tak Absen Lagi

123

PONOROGO – Salah seorang kepala dusun (kasun) di Desa Kunti, Bungkal, seperti yang dilaporkan melalui surat kaleng, dipanggil pemerintah kecamatan setempat kemarin (13/2). Guna mengklarifikasi alasan yang bersangkutan absen kerja selama lima bulan.

Kasun itu memasuki ruang camat pukul 08.00. Selang satu jam, dia keluar. Dia berlalu tanpa sepatah komentar meninggalkan kantor kecamatan mengendarai sepeda motor.

Camat Bungkal Jemain menjelaskan, kasun terkait tidak mengelak perihal absen kerja yang dipersoalkan. Namun, dia keberatan jika disebut tidak masuk kerja selama lima bulan penuh. Dia menyertakan bukti absensi. ‘’Sejak November sampai sekarang, absennya hanya beberapa minggu dalam setiap bulannya,’’ kata Jemain.

Di hadapan camat, kasun itu menjelaskan alasan ketidakhadirannya. Yang bersangkutan banyak istirahat lantaran sedang sakit. Dia mengeluhkan sakit di bagian dada. ’’Kemungkinan pembuluh darah. Tidak ada surat keterangan dokternya,’’ ujarnya.

Jemain membenarkan bila yang bersangkutan mengalami depresi. Selepas ditinggalkan putra sulungnya untuk selama-lamanya pasca kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Ponorogo-Pacitan, November 2018. ‘’Sejak saat itu, yang bersangkutan kehilangan semangat dan konsentrasi. Akhirnya, memilih tidak masuk daripada melakukan kesalahan dalam bekerja,’’ tuturnya memastikan kabar tersebut.

Pemerintah kecamatan tetap mengeluarkan surat peringatan. Kasun itu pun telah berjanji tidak mengulangi kesalahannya. Jika pun terulang, yang bersangkutan siap mendapatkan sanksi pemecatan. ‘’Dia sudah berjanji tidak mengulangi,’’ katanya.

Jemain berharap preseden ini menjadi pembelajaran bagi seluruh perangkat desa di kecamatannya. Pihaknya bakal lebih meningkatkan supervisi terhadap roda pemerintahan desa. ‘’Kami akan tingkatkan pengawasan,’’ ucapnya. (mg7/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here