Karya Dipakai Rossa

127

PEREMPUAN adalah simbol keindahan. Setidaknya seperti itulah penggambaran karakter perempuan dalam jiwa Dessy Rachma Waryanti. Karya ilustratornya oleh Mel Ahyar diaplikasikan pada gaun yang dipakai manggung Diva Indonesia, Rossa, pada 2016 lalu. ‘’Kaget dan bangga sih. Karena yang ngasih tahu adalah manajernya (Mel Ahyar, Red) langsung,’’ kata perempuan yang akrab disapa Dessy itu kemarin (27/1).

Tidak hanya piawai dalam membuat desain ilustrator, Dessy juga sering diundang sebagai pembicara di berbagai pameran seni. Seperti pada April 2018 lalu. Dia jadi pembicara dalam pameran seni keramik kontemporer bertajuk Seeing Self, Observing Others di Museum Seni Rupa dan Keramik, Jakarta. ‘’Seminar ini berkaitan dengan hasil tesis saya tentang perkembangan sejarah seni keramik kontemporer di Indonesia dari tiga kota: Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta,’’ ujar alumunus ISI Jogjakarta itu.

Dessy memang multitalenta. Selain pelukis, dia juga hobi menulis. Dalam waktu dekat, Dessy akan menelurkan buku. Buku tersebut hasil penelitian tesisnya tentang perkembangan sejarah seni keramik. ‘’Tapi, belum jadi. Diharapkan April 2019 nanti sudah bisa terbit,’’ tuturnya.

Bahkan, istri Muhammad Geraldy Vandanu itu tak menyangka karyanya tersebut dianggap orang telah mengangkat perkembangan sejarah seni keramik nasional. ‘’Selain buku, sekarang juga mengembangkan web art seperti ensiklopedia untuk semua seniman di Indonesia. Ini sedang proses pengerjaan bareng suami,’’ pungkasnya. (mg2/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here