Magetan

Kang Woto Sebut Persiapan Pilkades Serentak Nihil Kendala

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Kesiapan e-voting dalam proses pemungutan suara pemilihan kepala desa (pilkades) serentak Magetan pada 27 November terus dimatangkan. Pun, sejauh ini tidak ditemukan kendala berarti. ‘’Dari keterangan panitia, nihil kendala,” ungkap Bupati Suprawoto Kamis (17/10).

Kang Woto –sapaan akrab Suprawoto- memastikan e-voting tidak menghambat warga menyalurkan hak pilihnya. Tak terkecuali bagi kalangan lanjut usia (lansia). ”Jangan underestimate pada para lansia. Mereka bisa. Kan tinggal menekan gambar, selesai,” ujarnya sembari menyebut sudah dilakukan simulasi e-voting untuk kalangan warga sepuh.

Khusus wilayah Kecamatan Barat, dari belasan desa yang ada hanya Klagen yang bakal mengaplikasikan e-voting dalam pilkades. Salah satu pertimbangannya memiliki jumlah pemilih terbanyak di kecamatan setempat.

Kang Woto memastikan e-voting mampu menekan potensi kecurangan dalam proses pemungutan suara lantaran menggunakan sistem yang tidak akan bisa dimanipulasi. Sekaligus meminimalkan adanya sengketa terkait hasil penghitungan suara.

”Kalau ada yang lebih mudah kenapa harus dipersulit,” ucap Kang Woto sembari menyebut e-voting lebih efisien lantaran peralatannya bisa dipakai setelah digunakan untuk pemungutan suara.

Kemarin Kang Woto sengaja turun ke sejumlah desa penyelenggara pilkades untuk melihat langsung kesiapan pesta demokrasi tingkat pemerintahan terbawah itu. Hasil pemantauan, sejauh ini tidak ditemukan kendala berarti. Baik model e-voting maupun coblosan secara manual. ‘’Semua sudah terkondisikan,” tegasnya.

Di sisi lain, dia mengimbau masyarakat menjaga kondusivitas selama tahapan pilkades. Pun, tidak ingin warga terpecah belah hanya karena berbeda pilihan calon kades. ”Coblosan selesai tetap guyub seperti biasanya,” ujar Kang Woto. (fat/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
close
PENGUMUMAN
Close