Magetan

Kang Woto Minta Pekerjaan Fisik Dimulai Awal Tahun

Kikis Budaya Mbendol Mburi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Bupati Magetan Suprawoto menginstruksikan organisasi perangkat daerah (OPD) berbenah tahun depan. Terutama dalam melaksanakan pekerjaan fisik. Sebab, selalu menumpuk setiap akhir tahun. Bukan hanya yang bersumber dari APBD Perubahan, pun APBD induk. ‘’Sudah jadi penyakit menahun. Pekerjaan fisik mbendol mburi,’’ katanya Kamis (21/11).

Padahal, pekerjaan akhir tahun banyak kelemahannya. Salah satunya tidak bisa menjaga inflasi. Pun berdampak pada kualitas pekerjaan. Sebab, mencari tukang tidak mudah. Sehingga, pekerja yang tidak memiliki kemampuan dipaksa jadi tukang. ‘’Bisa-bisa kucing diraupi. Yang bukan tukang dijadikan tukang,’’ geramnya.

Kang Woto, sapaan Suprawoto, ingin tahapan pekerjaan fisik dimulai awal tahun. Januari OPD menyerahkan berkas pelelangan kepada Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Setdakab Magetan. Sebab, proses lelang juga tidak selalu lancar. Harapannya, Maret sudah ada rekanan pemenang lelang. Sehingga, April pekerjaan bisa dimulai. ‘’Skenario pelaksanaan lelang dicicil lebih awal,’’ pintanya.

Selama ini, pekerjaan fisik paling awal mulai digarap pertengahan tahun, sudah membudaya. Sedangkan akhir tahun masuk musim penghujan. Sehingga, pekerjaan tersendat. Hal-hal seperti itu seharusnya jadi bahan pertimbangan. ‘’Harapannya pekerjaan fisik tidak dilakukan pada musim hujan,’’ lanjutnya.

Budaya lama OPD Pemkab Magetan itu ditarget terkikis mulai tahun depan. Saat ini, menurut Kang Woto, masih sekitar 80 persen dari total pekerjaan fisik yang dikerjakan akhir tahun. ‘’Harus disikapi bersama. Diubah sedikit demi sedikit, masak setiap tahun begini terus,’’ ujar Kang Woto.

Apalagi, pengesahan APBD 2020 dipastikan lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya. Sehingga, OPD bisa menindaklanjutinya. Percuma APBD ditetapkan lebih awal, jika tidak memberi efek pelaksanaan pekerjaan fisik lebih awal pula.

Seperti pengesahan APBD perubahan tahun ini juga lebih awal. Namun, pelaksanaan pekerjaan fisiknya sama saja. Tidak segesit pengesahan PAK 2019. ‘’Alhamdulillah, sekarang ini DPRD sudah satu visi. Insya Allah dalam penetapan tidak akan mundur,’’ ucapnya. (bel/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close