Kang Woto: Dunia Maya Ramai, Dunia Nyata Aman

17

MAGETAN – Pelaksanaa coblosan TPS di Magetan mendapat perhatian Bupati Suprawoto. Kemarin (17/4) usai mencoblos, mantan sekjen kementerian kominfo itu meninjau sejumlah TPS. Di antaranya di TPS Selosari dan Bulukerto. ‘’Dari beberapa TPS yang kami datangi, tidak ada kendala. Lancar dan aman-aman saja,’’ terang kepala daerah yang akrab disapa Kang Woto itu.

Dalam agenda tinjauan ke sejumlah TPS tersebut, Kang Woto ditemani oleh anggota bawaslu, kejaksaan, dan polisi. Pihaknya juga sempat berdialog dengan petugas KPPS dan pemegang hak suara yang sedang mengantre mencoblos. ‘’Fokus kami memang memastikan pilpres dan pileg berjalan baik, jika ada masalah harus cepat ditangani,’’ katanya.

Diakui penyelenggaraan pesta demokrasi erat kaitannya dengan perbedaan pilihan. Kondisi itu bisa memicu terjadinya gesekan antar masyarakat. Terlebih perang cuit di dunia maya. ‘’Sekarang ini kan ada dua dunia, nyata dan maya. Dunia maya biarkan ramai, tapi dunia nyata kalau bisa tetap aman-aman saja,’’ ujar Kang Woto.

Orang nomor satu di Magetan itu juga sempat mendengar adanya laporan perihal tentang perbedaan data pemilih tambahan di Desa Temboro, Karas. Dari sebelumnya diprediksi sekitar 12 ribu pemilih tambahan, namun setelah dilakukan pendataan real hanya sekitar 4 ribu pemilih.

Namun demikian, Kang Woto menyatakan itu bukan persoalan berarti karena sudah dapat diselesaikan oleh KPU Magetan. Yang jelas, dia mengapresiasi warga yang sudah secara berdaya menggunakan hak pilihnya ke TPS. ‘’Masyarakat sangat antusias (menggunakan hak pilih). Salah satu indikator partisipasi itu adalah ketika saya keliling wilayah kota pada pagi hari kondisinya tampak sepi,’’ ungkapnya.

Untuk itu, dia berharap tingkat partisipasi yang ditetapkan oleh KPU Magetan bisa terpenuhi. Seperti diketahui, KPU menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada pemilu 2019 mencapai 77,5 persen dari total keseluruhdan DPT sebanyak 537.885 jiwa. ‘’Saya yakin target itu pasti terpenuhi. Karena saya lihat masyarakat antusias,’’ katanya. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here