PeristiwaPonorogo

Kandang Terbakar, Hewan Ternak Terpanggang

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Gerak cepat Tukiman tak bisa menyelamatkan semua hewan ternaknya ketika api membakar kandang. Warga Jalan Widodo, Desa Sumberagung, Balong, Ponorogo, itu hanya bisa menyelamatkan seekor sapi. Sedangkan seekor kambing yang baru dibeli 10 hari lalu mati terpanggang. ‘’Kalau dengan bangunan dan jerami yang terbakar, kerugian sekitar Rp 25 juta,’’ kata Tukiman.

Tukiman mengetahui kebakaran sepulang dari bengkel pukul 12.00. Api membakar ladang tebu di dekat kandang ternaknya. Misnatun, istrinya yang sedang berada di dapur, lantas dipanggil. Belum sampai dipadamkan, angin kencang membuat kobaran api meluas hingga mengenai dua kandang. Selain miliknya, juga milik Soirin, tetangganya. ‘’Ayam milik warga desa lain juga hangus karena saat itu lepas dari kandang,’’ ujarnya.

Komandan Regu Damkar Satpol PP Ponorogo Franky Kristianto mengungkapkan, proses pemadaman terkendala permukiman padat. Truk tangki air tidak bisa masuk, hingga akhirnya menerabas sawah. Belum sampai api padam, stok air habis. Petugas pun memanfaatkan air dari sumur sibel sawah. ‘’Total menghabiskan empat tangki air,’’ sebutnya.

Franky menambahkan, proses pembasahan tumpukan jerami cukup menyulitkan. Perlu dibongkar dengan bantuan warga. Pembasahan selesai sekitar pukul 14.30. ‘’Penyebab kebakaran diduga dari puntung rokok,’’ katanya. (dil/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close