AdvertorialMadiun

Kabar Baik, Pasien Covid-19 Gelombang I RSUD Dolopo Sembuh 100 Persen

Perjuangan Tenaga Medis Berbuah Manis

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Pasien positif Covid-19 gelombang I di RSUD Dolopo sembuh 100 persen. Kamis (2/7) pasien ke-21 dinyatakan sembuh setelah dua kali berturut-turut hasil tes polymerase chain reaction (PCR)-nya negatif. Gelombang I merupakan periode masuknya pasien sebelum Lebaran. ‘’Sudah tidak ada pasien positif gelombang pertama,’’ kata Direktur RSUD Dolopo Purnomo Hadi.

Sembuhnya pasien asal Desa Sewulan, Dagangan, Kabupaten Madiun, itu disambut meriah berbagai kalangan. Baik rumah sakit, pemkab, maupun keluarga pasien. Pasien diantar pulang dengan mobil ambulans sekitar pukul 10.00. Pemulangan pasien klaster Temboro, Magetan, itu diiringi tabuhan rebana. ‘’Simpati dan empati terhadap pasien itu penting. Termasuk selama menjalani perawatan,’’ terangnya.

Meski sudah diperbolehkan pulang, Purnomo mewanti-wanti untuk tetap menjalani isolasi mandiri di rumah. Interaksi dengan keluarga tetap mengedepankan protokol kesehatan. Dia berpesan untuk tidak khawatir berlebihan. Hal itu kurang baik untuk kesehatan. ‘’Bicara jangan berhadap-hadapan untuk sementara waktu,’’ ucapnya.

Sebelum Lebaran, 21 pasien positif korona dirawat di RSUD Dolopo. Perjuangan tenaga medis berbuah manis. Nihil yang meninggal dunia. Capaian itu tidak lepas dari penerapan tiga model layanan. Yakni, asupan nutrisi yang baik dan seimbang, pasien diajak senam saban pagi, juga menciptakan suasana kekeluargaan. ‘’Ruang isolasi sebatas istilah. Dalam artian, pasien jangan sampai merasa terisolasi. Kalau hati bahagia, tubuh memproduksi hormon yang baik,’’ terangnya.

Kesembuhan 100 persen pasien gelombang I dijadikan tolok ukur penanganan ke depannya. Saat ini masih ada tiga pasien gelombang II atau terkonfirmasi pasca-Lebaran yang masih dirawat. Ketiganya diharapkan bisa termotivasi. ‘’Hasil ini tidak lepas dari andil pemkab, bupati (Ahmad Dawami), dan wakil bupati (Hari Wuryanto). Seperti dukungan anggaran untuk melengkapi alat medis, ruangan, obat-obatan, dan sebagainya,’’ ungkapnya. (den/c1/cor/ip)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close