Jumlah Napi Naik 300 Persen, Satu Sel Dihuni 20 Orang

79

PONOROGO – Dilayarnya ratusan narapidana dari Lapas Klas I-A Surabaya di Medaeng  ke Ponorogo menimbulkan persoalan baru. Jumlah narapidana di Rutan Klas II-B melonjak hingga 300 persen. Sementara, personel keamanan tidak sepadan. Mau tidak mau, petugas bagian administrasi pun ketiban jatah pengawasan. ‘’Kami ubah sistem tugas jaga di rutan untuk memaksimalkan pengamanan,’’ kata Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Klas II-B Ponorogo Taufiqul Hidayat kepada Radar Ponorogo.

Sejak Desember, ada 150 narapidana dari Medaeng yang dilayar ke Ponorogo. Mereka dibagi dalam empat gelombang. Gelombang terakhir tiba di rutan setempat, Selasa (15/1). Di gelombang terakhir, terdapat 30 narapidana termasuk dua WNA yang ikut diboyong ke Bumi Reyog. Menurut Taufiq, penyebab dilayarnya ratusan narapidana dari Medang itu lantaran kondisi lapas di sana yang sudah overload. ‘’Akhirnya narapidana di Medaeng dipindahkan ke rutan atau lapas-lapas lain di sekitarnya, termasuk Ponorogo,’’ ujarnya.

Padahal, lanjut Taufiq, kapasitas Rutan Ponorogo hanya 107 orang. Setelah gelombang terakhir masuk, total narapidana di rutan mencapai 331 orang. Setiap sel yang umumnya dihuni 15 napi terpaksa dijejali minimal 20 napi. ‘’Dari empat, kami ubah jadi tiga sif. Supaya personelnya bertambah setiap sifnya. Kalau empat sif bisa tujuh orang, setelah diatur jadi tiga, minimal personel jaga menjadi sepuluh orang,’’ urai Taufiq sembari menyebut perubahan sif itu tidak mengurangi durasi jaga.

Personel administrasi pun terpaksa mengemban tugas tambahan. Mereka juga diwajibkan piket kendati hanya siang. Sementara, pejabat perwira terus melakukan kontrol di tiga sif. Total jika ditambah pejabat perwira dari rutan, personel jaga tiap sif berjumlah 12 orang. Pihak rutan juga meminta bantuan aparat kepolisian. ‘’Minimal tujuh sampai delapan personel kepolisian diturunkan setiap pagi, siang, dan malam untuk melakukan pengecekan,’’ terangnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here