Jumlah Anggota Tidak Kuorum, Pembahasan Prolegda Tertunda

73

PONOROGO – Langkah awal memulai pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) di DPRD harus tertunda. Pasalnya, rapat badan musyawarah (banmus) yang diagendakan kemarin (4/2) guna membahas program legislasi daerah (prolegda) ditunda sampai Rabu mendatang (6/2). Sebab, jumlah anggota DPRD yang hadir tidak memenuhi kuorum. ‘’Kesibukan teman-teman DPRD cukup padat karena hari ini (kemarin, Red) bertepatan ada musrenbang kecamatan,’’ kata Wakil Ketua DPRD Anik Suharto.

Rapat banmus itu sedianya digelar pukul 11.00. Waktu tiba, hanya 12 wakil rakyat yang telah memasuki ruang rapat paripurna. Sementara, kuorum baru terpenuhi ketika 13 anggota legislatif hadir dalam rapat tersebut. Selain Anik, Wakil Ketua DPRD Slamet Hariyanto juga sudah hadir di ruang rapat paripurna. Rapat sempat ditunda 30 menit sebelum akhirnya disepakati ditunda sampai Rabu mendatang. ‘’Kalau ditunggu lebih lama lagi, sebenarnya bisa kuorum. Tapi kemudian disepakati lebih baik ditunda Rabu,’’ ujar Anik.

Padahal, rapat banmus membahas penyiapan prolegda kemarin terbilang penting. Sebab, untuk menentukan mana raperda yang akan diprioritaskan untuk dibahas terlebih dahulu di tingkat banmus. Tahun ini, ada 13 raperda yang masuk dalam prolegda. Di sisi lain, diakui Anik, saat ini anggota dewan juga disibukkan dengan upaya masing-masing di kontestasi Pileg 2019. ‘’Sejumlah raperda cukup mendesak dibahas. Raperda terkait tera ulang misalnya. Setiap hari transaksi jual beli dilangsungkan. Landasan hukum untuk mengatur penghitungan supaya transaksi bisa adil ini penting. Selain, raperda seperti pengelolaan sampah, revisi RTRW, dan pemekaran wilayah,’’ paparnya.

Lantaran rapat banmus ditunda sampai Rabu, otomatis rapat paripurna DPRD yang sedianya juga akan digelar Rabu ditunda. Meski beberapa agenda itu molor, Anik mengklaim pihaknya tetap akan bekerja maksimal. ‘’Sudah disepakati ditunda Rabu. Saya yakin rapat banmus Rabu nanti akan bisa kuorum, sehingga pembahasan prolegda ini tidak lagi tertunda,’’ tuturnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here