Magetan

Jumingsih Bukan demi Adipura

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Lima kecamatan berlabel daerah kumuh membuat Bupati Magetan Suprawoto gerah. Orang nomor satu di lingkup pemkab itu mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 660/2206//403.110/2019 tentang Gerakan Jumat Minggu Bersih (Jumingsih). ‘’Minimal seminggu sekali dilaksanakan,’’ kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Magetan Saif Muchlissun Jumat (8/11).

DLH akan mengoordinasi Jumingsih di tingkat kabupaten. Seluruh organisasi perangkat daaerah (OPD) menjalankan program itu setiap Jumat pekan pertama. Dimulai kemarin, seluruh wilayah perkotaan dibersihkan oleh ratusan aparatur sipil negara (ASN). Mulai jalan, sungai, parit, hingga pasar. ‘’Selain bersih-bersih, kegiatan bisa juga penanaman pohon dan pengadaan tempat sampah,’’ ujar Muchlis, sapaan akrab Saif Muchlissun.

Dia menyebut, lokasi yang harus dibersihkan untuk masing-masing OPD, BUMD, dan instansi samping telah dibagi. Dishub, DPUPR, PDAM Lawu Tirta, dan RSUD dr Sayidiman membersihkan lingkungan Jalan Mayjend Sungkono dan Mayjend Sukowati. Pasar kayu dibersihkan satpol PP dan damkar serta Kodim. ‘’Semua pihak mendukung kegiatan ini karena tujuannya supaya Magetan bersih,’’ tuturnya.

Jumingsih di tingkat kecamatan dilaksanakan Jumat pekan kedua. Koordinatornya masing-masing camat. Kepala desa atau lurah bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kerja bakti yang dijadwalkan Minggu pekan ketiga. ‘’Tidak ada sanksi kalau tidak melaksanakan. Tapi, daerahnya akan kotor,’’ ungkap mantan kabag humas dan protokol setdakab tersebut.

Muchlis menambahkan, Jumingsih pernah dilaksanakan tahun lalu. Namun, kegiatan itu mandek. Bukan karena lembaganya tidak mampu menjadi koordinator atau menggerakkan ASN. Melainkan baru ditetapkan bupati sebagai agenda rutin. ‘’Ke depannya tidak akan mandek lagi,’’ janjinya.

Dia menampik kala disinggung Jumingsih untuk merebut kembali Adipura yang sempat melayang. Penghargaan tertinggi di bidang kebersihan lingkungan itu hanya bonus dari wilayah bersih. ‘’Kami ingin menggerakkan masyarakat agar lebih sering kerja bakti membersihkan lingkungan mereka,’’ tandasnya. (bel/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
close
PENGUMUMAN
Close