JPO Depan Pasar Baru Rawan Tindak Kejahatan

1193

MAGETAN – Jembatan penyeberangan orang (JPO) di selatan Pasar Baru Magetan dinilai rawan tindak kejahatan. Terutama saat malam hari. Pasalnya, sebagian ruas jembatan tersebut kanan kirinya tertutup papan besi berukuran jumbo. ‘’Kalau malam gelap, lampunya cuma dua, itu pun kadang tidak menyala,’’ kata Restyana, salah seorang warga, Kamis (26/7).

Restyana mengaku sering melintas di depan Pasar Baru saat malam hari. Yakni, saat hendak pulang usai berkunjung ke rumah orang tuanya. Karena jaraknya cukup dekat, dia memilih jalan kaki dan menyeberang lewat JPO. ‘’Tapi, kadang waswas kalau ada orang yang berbuat jahat. Selain gelap, kan tertutup papan sehingga tidak terlihat orang lain,’’ ungkapnya.

Dia berharap, papan reklame berukuran sekitar 3×8 meter itu dipindah ke lokasi lain. Sekaligus mengembalikan fungsi JPO murni untuk fasilitas penyeberangan warga. ‘’Sebaiknya papannya segera dilepas,’’ tuturnya kepada Radar Magetan.

Plt Kasatpol PP Chanif Tri Wahyudi mengatakan, pihaknya akan menelisik fungsi papan besi tersebut. Itu dilakukan untuk memastikan apakah dipasang untuk menempel iklan ataukah pelindung dari sinar matahari. ‘’Akan kami kroscek ke DPUPR (dinas pekerjaan umum dan penataan ruang, Red). Kalau fungsinya memang untuk iklan ya nanti kami bongkar,’’ paparnya.

Dia menuturkan, sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) sempat menempel iklan di papan tersebut. Pun mereka diberi peringatan lantaran melanggar Perda Nomor 3 Tahun 2014 yang menyebutkan larangan memasang iklan melintang di jalan. (mg4/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here