Jokowi: Usaha tanpa Kerja Keras, Lupakan Maju

133

MAGETAN – Di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), BUMN terus mendapat suntikan modal. Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah mengalokasikan dana besar untuk memperkuat modal BUMN agar bisa mendukung program pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Seperti halnya pada Permodalan Nasional Madani (PNM). Kemarin (1/2) Jokowi berkunjung ke Magetan untuk memantau implementasi penyaluran modal perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan tersebut terhadap pengembangan UMKM masyarakat.

Pada kesempatan itu, Jokowi banyak bercerita tentang usaha mebel miliknya kepada masyarakat yang berkumpul di lapangan Desa Cepoko. Bahwa apa yang diraihnya saat ini tidak datang secara tiba-tiba. Bahkan, dia memulai usahanya itu dari nol.  Mulai bekerja usai subuh sampai larut malam. Hingga tak jarang tidur di rumah pemotongan kayu. ‘’Kalau (bekerja) masih seperti orang normal, jangan berpikiran bisa maju,’’ kata Jokowi.

Dia mengaku juga meminjam modal untuk membesarkan usaha mebelnya tersebut. Hanya, saat itu dirinya tidak punya agunan yang bisa dijadikan jaminan untuk meminjam modal, selain kepercayaan.

Namun demikian, Jokowi menekankan kepada para pelaku UMKM agar tidak sekadar meminjam modal begitu saja. Tapi, juga harus melakukan penghitungan yang tepat. Misalnya, besar modal yang dipinjam disesuaikan dengan kemampuan mencicil setiap bulan. ‘’Harus punya hitung-hitungan dan pembukuan,’’ ujar mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

Oleh karena itu, Jokowi berharap para nasabah PNM bisa menjaga kepercayaan yang telah diberikan. Sebagai gantinya, dia pun membagikan tip agar nasabah PNM tidak merasa kesulitan mengembalikan pinjaman modal. Seperti menyisihkan sedikit keuntungan yang didapat setiap hari. ‘’Bukan kalau siangnya membayar cicilan, paginya masih pencak silat dulu (mencari pinjaman lain, Red),’’ seloroh Jokowi yang diikuti tawa hadirin.

Selain itu, dalam memulai usaha dibutuhkan kerja keras. Menurut Jokowi, tanpa kerja keras, usaha seperti apa pun tidak akan maju. ‘’Usaha tanpa kerja keras, lupakan maju. Tidak bisa,’’ tegasnya.

Selepas itu, Jokowi beserta ibu negara Iriana Joko Widodo menyempatkan diri melihat aneka produk hasil kreasi nasabah PNM. Bahkan, Iriana sempat memborong jajanan yang dipamerkan. Seperti keripik tempe dan kuping gajah. ‘’Jan Ethes itu suka camilan kuping gajah. Sama camilan-camilan kayak gini,’’ kata Iriana. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here