Jokowi Pastikan Benteng Pendem Ngawi Tahun Ini Direstorasi

150

NGAWI – Ini angin segar bagi Pemkab Ngawi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah siap merestorasi Benteng Van den Bosch. Bahkan, dia menargetkan tahun ini proses restorasi sudah bisa dimulai. ‘’Tahun ini akan segera direstorasi, kami perbaiki,’’ kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi bangunan bersejarah yang dikenal dengan sebutan Benteng Pendem itu kemarin (1/2).

Jokowi mengatakan, Benteng Van den Bosch bukan sekadar bangunan tua yang kini bernilai wisata. Lebih dari itu, benteng tersebut merupakan salah satu warisan pusaka yang harus dipelihara. ‘’Tahun ini akan segera dikerjakan oleh Kemen PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Red). Sudah saya telepon (menteri PUPR), sudah siap,’’ ujarnya.

Mantan gubernur DKI itu menyebut, tahun ini progres restorasi benteng yang dibangun Belanda pada 1845 itu ditargetkan mencapai 50 persen. Sedangkan sisanya dikerjakan 2020 mendatang.

‘’Memang tidak bisa cepet-cepet karena untuk merestorasi bangunan seperti ini perlu mengikuti kaidah-kaidah kepurbakalaan juga,’’ tuturnya. ‘’Tidak perlu kajian. Kita sudah banyak kok jagonya (ahli di bidang kepurbakalaan dan restorasi bangunan bersejarah, Red),’’ imbuhnya.

Selain menyinggung soal restorasi benteng yang kini menjadi aset TNI-AD itu, Jokowi kemarin juga memuji produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Bumi Orek-Orek. Di antaranya, produk kopi khas Ngawi yang dinilainya memiliki cita rasa enak, namun harganya murah.

Jokowi juga sempat mencicipi penganan dari beras merah putih serta beras singkong. ‘’Rasanya enak, saya tadi beli banyak untuk dicoba di rumah,’’ ujar Jokowi.

Presiden Jokowi tiba di Benteng Pendem sekitar pukul 11.00. Selain didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo, tampak dalam rombongan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pramono Anung serta Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Usai mengunjungi benteng yang berada di Kelurahan Pelem, Ngawi, itu, Jokowi bersama rombongan langsung menuju Masjid Agung Baiturrahman untuk menunaikan salat Jumat. Setelah itu, menyerahkan sertifikat wakaf kepada sejumlah warga.

Dalam acara tersebut, dia juga sempat melakukan audiensi dengan para jamaah salat Jumat. Usai beraudiensi, rombongan menuju Rumah Makan Raos Jawi untuk makan siang sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. (tif/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here