Jokowi Kampanye, Arus Jalan Soekarno Dialihkan

64

NGAWI – Calon Presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo malam ini dijadwalkan menggelar kampanye di Ngawi. Berbeda dengan kegiatan serupa di daerah lain, kampanye calon petahana itu sengaja dikonsep berupa acara nonton bareng (nobar) film Jokowi di GOR Bung Hatta. ‘’Kebetulan kami dapat jadwalnya malam,’’ kata Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin Ngawi Dwi Rianto Jatmiko kemarin (1/4).

Antok -sapaan Dwi Rianto Jatmiko- mengungkapkan, acara nobar itu bakal digelar mulai pukul 19.00. Pihaknya sengaja mengundang sekitar 6 ribu warga dari berbagai kalangan. Selain unsur partai koalisi pengusung pasangan Jokowi-Ma’ruf, juga kalangan ibu-ibu serta kaum milenial. ‘’Tapi tidak menutup kemungkinan yang hadir lebih dari itu (6 ribu, Red), karena ini kan sifatnya terbuka,’’ tuturnya.

Antok tak menampik ada misi khusus dari kegiatan nobar film besutan sutradara Azhar Lubis yang rilis pada 2013 lalu itu. Di antaranya, menunjukkan kepada masyarakat mengenai sosok Jokowi seutuhnya. Sekaligus menepis berbagai kabar hoax yang mengaitkan presiden ketujuh RI itu dengan salah satu partai terlarang. ‘’Kami harap masyarakat bisa tahu bagaimana biografi Pak Jokowi yang sebenarnya,’’ ucap Antok.

Rencananya, selain Jokowi, acara nobar malam ini juga bakal dihadiri Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Sementara, sejumlah persiapan dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Ngawi menjelang kegiatan kampanye Joko Widodo di Ngawi malam ini. Salah satunya menyiapkan skema rekayasa lalu lintas.  Rencananya, arus kendaraan di Jalan Soekarno bakal dialihkan. ‘’Demi keamanan dan kenyamanan,’’ kata Kasi Dal Ops Dishub Ngawi Putut Yuliarto.

Dijelaskan, rencananya kendaraan yang melintas dari arah Maospati menuju Solo dialihkan melalui kota via Jalan Ahmad Yani dan Jenderal Sudirman. Sedangkan arus dari arah Caruban diarahkan menuju kota melalui Basuki Rahmat dan Jenderal Sudirman. ‘’Biasanya kan kendaraan umum lewat ring road, untuk malam itu dialihkan semua ke jalan nasional,’’ tuturnya.

Namun, kata Putut, kendaraan pribadi bisa mengambil jalur alternatif. Misalnya dari arah Maospati hendak menuju pintu tol, bisa melalui Jalan Panjaitan. Begitu pula bagi kendaraan yang keluar dari tol. ‘’Nanti disiapkan juga petugas di beberapa titik yang dianggap berpotensi mengalami penumpukan kendaraan,’’ ujarnya.

Pengalihan arus lalu lintas itu, lanjut dia, bakal diberlakukan mulai pukul 17.00 hingga 22.00. Namun, bisa lebih lama, tergantung situasi terkini. ‘’Kalau start pengalihan arusnya kemungkinan sudah pasti, kapan selesianya itu yang masih kondisional,’’ tegasnya. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here