Jembatan Nambak Ambrol, Puluhan Warga Nyaris Celaka

80

PONOROGO – Jembatan di Desa Nambak, Kecamatan Bungkal ikut tersapu ganasnya banjir. Tiang penyangga jembatan penghubung tiga desa itu terkikis hingga ambrol, Sabtu (9/3).

Runtuhnya jembatan berukuran 15 x 3,5 x 5 meter itu nyaris memakan korban. Saat ambrol sekitar pukul 20.00, puluhan warga hendak melintas untuk menghadiri acara dzikir bersama di rumah salah satu warga. ‘’Sudah mau nyebrang di bibir jembatan, tiba-tiba jembatan ambrol. Bareng-bareng warga sini,’’ kata Sugiono, 45, warga setempat.

Puluhan warga itu spontan tunggang-langgang menjauhi jembatan. Khawatir jalan turut longsor. Mereka pun batal menghadiri acara keagamaan tersebut. ‘’Rombongan yang berangkat dulu ada. Rombongan kami belakangan sambil menunggu yang masih belum berangkat,’’ tegasnya.

Putusnya jembatan yang dibangun 1993 silam itu membuat akses utama menuju ke Bekare dan Koripan terhambat. Kini, warga harus memutar hingga tiga kilometer. Sehingga menghambat akses perekonomian dan pendidikan warga setempat. ‘’Ada jalan tapi harus muter, lumayan jauh. Ada yang dekat tapi bisanya sepeda motor saja,’’ ungkapnya.

Menurut Sugiono, sebenarnya jembatan itu sudah diketahui retak beberapa tahun belakangan. Hingga kini belum ada perbaikan. Hingga banjir yang menerjang Rabu lalu (6/3) mengikis bagian bawah tiang penyangga jembatan. Banjir juga merendam rumah di sekitar sungai tersebut. ‘’Luapan air kira-kira setinggi lutut orang dewasa,’’ sambungnya.

Dia dan warga di tiga desa terdampak berharap agar jembatan itu lekas diperbaiki. Mengingat, merupakan akses utama. Juga berharap kontruksi jembatan dibangun lebih kokoh. ‘’Berharap dibangun yang lebih kokoh, karena sini juga langganan banjir,’’ imbuhnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Jamus Kunto mengatakan seluruh pemulihan kerusakan infrastruktur yang terdampak banjir akan dibahas hari ini (11/3). Bersama bupati dan dinas terkait. ‘’Akan kami bahas bagaimana penanganan bersama nantinya,’’ janji Jamus. (mg7/fin) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here