Magetan

Jembatan Jangglengan Butuh Rehabilitasi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Warga yang melintasi jembatan Dusun Jangglengan, Desa/Kecamatan Karas, kerap dilanda waswas. Pasalnya, jembatan yang selesai diaspal tahun lalu itu bagian alasnya yang berbahan kayu telah keropos.

Kepala Desa Karas Murgiyanto mengakui jembatan itu layak mendapatkan rehabilitasi. Plot anggarannya pun sudah disusun tahun lalu. ”Mungkin tahun ini bisa direalisasikan (rehabilitasi), tapi masih belum bisa proyek fisik,’’ ujarnya Jumat (27/9).

Dia menyebut, muncul opsi alas jembatan bakal dicor. Namun, cor-coran itu bisa menambah beban jembatan sehingga dikhawatirkan membuat mudah ambrol. ‘’Yang jelas, saat ini masih bisa dilewati truk bermuatan, termasuk dump truck galian C,’’ tuturnya.

Tim ahli dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Magetan sempat meninjau jembatan itu. Mereka meyakini, jika alas jembatan dicor tetap kuat dilalui dump truck. Di sisi lain, muncul keraguan lantaran besi jembatan itu dulunya merupakan besi bekas. ‘’Apa nanti juga butuh besi baru atau bagaimana, kami belum tahu,’’ imbuh Murgiyanto.

Dia menyebut, rehabilitasi jembatan membutuhkan dana kurang dari Rp 200 juta. Nominal itu cukup di-cover PADes. ‘’Karena ini kan sifatnya hanya rehab, tidak membangun ulang,’’ katanya. (fat/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close