Jembatan Jangglengan Butuh Perbaikan

245
KEROPOS: Alas kayu jembatan Jangglengan yang keropos menambah ngeri ketika melintasinya.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Jembatan Dusun Jangglengan, Desa Karas, sudah berusia belasan tahun. Tetapi, jembatan itu belum juga mendapat perbaikan sampai sekarang. Padahal, kondisinya sudah reyot. Karena bantalan kayu jembatan sudah lapuk dan keropos. ‘’Saya agak takut kalau lewat sini,’’ kata Sugiyem, warga setempat.

Dia lantas membandingan dengan jembatan lama lain yang sudah mendapat perbaikan dari pemkab. ‘’Padahal, jembatan yang daerah sini ke arah timur sana sudah bagus, sini saja yang jembatannya masih seperti ini,’’ keluh perempuan yang sehari-hari bekerja sebagai petani itu.

Pihak pemerintah desa (pemdes) Karas mengakui bahwa jembatan Jangglengan perlu diperbaiki. Hanya, mereka tak sanggup meng-cover rehab jembatan yang dibangun pada 2002 itu. Pemdes hanya mampu melakukan perawatan rutin jembatan. ‘’Yang pinggiran itu sudah kami lakukan penambalan, setahun lalu sudah kami aspal sekalian ke jalan yang mau masuk ke Jangglengan itu,’’  kata Murgiyanto, kepala Desa Karas.

Menurutnya, jembatan itu layak mendapatkan rehabilitasi. Plot anggarannya pun sudah dibuat tahun ini. Kali ini dia ingin fokus untuk lanjutan paving di jalan-jalan Dusun Jangglengan. Dia menyebut bahwa jembatan itu masih bisa dilewati untuk truk muatan. ‘’Jadi, ya mungkin tahun ini kalau bisa. Tapi masih belum bisa proyek fisik,’’ tuturnya.

Sesuai rencana, perbaikan jembatan bakal dilakukan dengan sistem pengecoran untuk lantai jembatan. Namun, semua itu masih dikaji. Karena dikhawatirkan bisa ambrol saat dilewati truk pengangkut pasir tambang. ‘’Sampai saat ini memang belum fixed, mau dibuat seperti apa,’’ ungkap Murgiyanto. (fat/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here