Jembatan Banjarsari 2 Nyaris Roboh, Seorang Pekerja Terluka Serius

253

PACITAN – Jembatan gantung Banjarsari 2 nyaris putus. Konstruksinya melengkung. Bahkan, beberapa tiang baja penyangga jembatan bengkok tak beraturan. Diduga kerusakan jembatan di Dusun Blunding, Banjarsari, Pacitan, itu akibat salah satu sling baja putus. ‘’Pas saya lewat tiba-tiba jembatan mleyot,’’ kata Latifan Rizky Pratama, saksi mata, kemarin (25/1).

Latifan mengungkapkan, sebelum masuk jembatan sekitar pukul 14.15 kemarin, konstruksinya tampak baik-baik saja. Pun di sisi timur beberapa pekerja tengah memperbaiki jembatan. Namun, saat melintas dia menyadari ada yang tak beres dengan jembatan yang membentang di atas Sungai Grindulu itu. Namun, Latifan nekat menyeberang. ‘’Baru kali ini lewat, sebelumnya belum pernah,’’ ungkapnya.

Nahas, saat di atas jembatan terdengar derit lumayan kencang dan jembatan bergoyang. Latifan yang mengendarai sepeda motornya terjatuh dan nyaris nyemplung sungai. Lantaran takut jembatan putus, pelajar kelas XI SMPN Punung itu langsung berlari meninggalkan sepeda motornya. ‘’Motor saya tinggal, saya lari dan minta tolong,’’ ujar warga Desa Mantren, Punung, Pacitan, tersebut.

Remaja itu selamat setelah lari sekencang-kencangnya. Namun, dia mengaku masih syok akibat kejadian tersebut. Dia mendapat pertolongan pertama dari warga setempat. ‘’Gak mau lewat lagi, trauma. Takut kejadian terulang lagi,’’ tuturnya terpatah-patah.

Tak hanya Latifan, Anwar turut jadi korban. Pria asal Madiun tersebut saat kejadian tengah membenahi bangunan sisi timur jembatan. Nahas, robohnya jembatan secara mendadak membuatnya terluka serius. Kedua kakinya patah tertimpa material jembatan. Kini dia mendapat perawatan intensif di RSUD dr Darsono Pacitan.

Pantauan di lokasi, rusaknya jembatan Banjarsari 2 jadi tontonan warga. Mereka berjubel di kedua sisi jembatan. Konstruksi jembatan rusak parah dan tak memungkinkan lagi untuk dilalui. Di sisi timur jembatan beberapa baja bengkok. Ditambah, fondasi jembatan pecah dan retak. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here