Jelang Ramadan, Harga Sembako Merangkak Naik

43

MAGETAN – Dua pekan menjelang Ramdan, sejumlah kebutuhan pokok di Magetan mengalami kenaikan harga. Rata-rata lonjakan harga mencapai sekitar 10 persen. Kondisi itu teejadi di Pasar Sayur Magetan.

Pantauan Jawa Pos Radar Magetan, harga cabai rawit naik menjadi Rp 15 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya hanya Rp 10 ribu per kilogram. Sementara, harga sayur kubis naik menjadi Rp 6.000, dari sebelumnya Rp 4 ribu. Begitu juga dengan Tomat naik dari Rp 5 ribu menjadi Rp 7 ribu per kilogramnya.

Salah seorang pedagang sembako di Pasar Sayur Magetan Suparti mengaku hal itu lumrah terjadi menjelang Ramadan. Karena pada momen tersebut permintaan akan bahan pokok itu meningkat. “Biasanya memang kalau mendekati puasa semua kebutuhan pokok ada kenaikan,” terangnya.

Sementara itu, dirinya mengungkapkan melihat adanya kondisi seperti ini memberikan dampak negatif bagi para konsumen. Karena membuat pengeluaran membengkak. ‘’Ya biasanya pedagang di warung akan menaikan atau mengurangi jumlah porsinya,‘’ ucapnya.

Selanjutnya, dirinya mengharapkan kepada pemerintah daerah setempat bisa membantu akan permasalahan kebutuhan pokok. Mengingat sebagai lumbung pemasok sayuran, Magetan sendiri masih mengalami berbagai kendala. Jika kondisi seperti ini tidak segera di tindaklanjuti akan terjadi ketimpangan harga hingga Lebaran. “Biasanya daging, ikan dan kebutuhan sekunder lainnya juga naik pas bulan puasa yang akan datang,” katanya. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here