Jelang Imlek, Altar dan Rupang TITD Hwie Ing Kiong Dibersihkan

113

MADIUN – Ritual pembersihan altar dan rupang dilakukan di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hwie Ing Kiong kemarin (30/1). Lebih dari ratusan rupang dewa dan dewi diturunkan dari rak yang tertempel di tembok. Sebelum membersihkan, para umat melakukan puja penurunan rupang.

Rupang dan altar dibersihkan secara bertahap mulai pukul 09.00. Pada hari pertama kemarin, sekitar belasan umat dibantu pengurusan TITD turut membantu. Patung-patung yang sudah diturunkan kemudian ditata di atas meja. ’’Untuk pembersihan itu yang penting kita makan makanan yang vegetarian. Tidak makan makanan yang bernyawa supaya pengerjaannya lancar dengan hati yang bersih dan tenang,’’ kata Humas TITD Hwie Ing Kiong Lianawati.

Rupang dimandikan dengan tiga tahap. Yakni, menggunakan air sabun, air bunga, dan dibilas dengan air wangi. Pembersihan diupayakan selesai hari ini. Setelah dibersihkan, patung berukuran kecil akan ditata kembali ke tempat semula dengan rapi.

Selanjutnya, kelenteng akan dihiasi dengan beberapa lampion merah yang akan dipasang oleh para pendana dan petugas operasional. Puncaknya, pada 4 Februari malam akan diadakan upacara untuk menyambut Tahun Baru Imlek. Sekaligus melepas segala keburukan dari tahun lalu.

Lianawati mengatakan, dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2019, banyak harapan yang didoakan oleh warga Tionghoa untuk keberkahan dan keselamatan pribadi, keluarga, leluhur, bangsa, dan negara. Apalagi, tahun ini merupakan tahun politik. ’’Rangkaian kegiatan memperingati Hari Raya Imlek di TITD Hwie Ing Kiong Madiun di antaranya akan dilaksanakan pentas barongsai di lapangan basket kelenteng pada Senin malam (4/2),’’ ujarnya.

Di hari yang sama juga akan ada pentas seni berlokasi di gedung pertemuan dan sembahyang bersama di altar utama TITD. Besoknya, pada 5 Februari, kembali diselenggarakan pentas seni. Kemudian sembahyang King Thi Kong pada Selasa (12/2). Sembahyang Ji Xa (Ciswak) pada Minggu (17/2) serta sembahyang bersama di altar utama kelenteng pada Selasa (19/2) sebelum kemudian diakhiri kesenian di gedung pertemuan TITD Hwi Ing Kiong Madiun. (her/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here