Madiun

Jawara Pendekar Gowes 2020 (1)

Sulthon Jadikan Madiun-Kare-Caruban Rute Langganan

Sorak-sorai kemenangan menyambut Sulthon Muhammad Ichwansyah. Atlet muda ISSI Kota Madiun itu berhasil melewati garis finis pertama pada kategori pra youth.

ASEP SYAEFUL BACHRI, Jawa Pos Radar Madiun

LIMA ratus meter sebelum finis, Sulthon Muhammad Ichwansyah kian mempercepat kayuhan sepeda balapnya. Remaja 13 tahun itu berhasil mengungguli para peserta lain dalam latihan bersama (latber) Pendekar Gowes 2020 Minggu (2/8). ‘’Tak menyangka bisa finis pertama. Padahal pesertanya pembalap top-top dari beberapa daerah,’’ ucapnya.

Dari sejak start awal di gapura Manisrejo, Kota Madiun, Sulthon konsisten menjaga ritme kayuhan sepedanya hingga melahap tanjakan di Jurang Dengkeng sepanjang 14,8 kilometer untuk bisa finis di kantor Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. ‘’Capaian positif ini berkat latihan intens rute Madiun-Kare,’’ terang warga Jalan Panjaitan, Kejuron, Taman, Kota Madiun, itu.

Keberhasilan Sulthon mengalahkan 17 peserta pra youth memang tak lepas dari kerja kerasnya selama ini. Dua pekan sebelum latber, dia meningkatkan intensitas latihan berat dengan strenght endurance dan berlatih bersepeda di atas roller di rumah. Rute Madiun-Kare-Caruban jadi langganan. Dia fokus mengasah kemampuan speed dan kekuatan ototnya. Tanpa melupakan latihan teknik dan daya tahan tubuh. ‘’Latihan mulai Selasa-Kamis. Dilanjut Sabtu-Minggu. Durasinya sekitar tiga jam sehari,’’ jelasnya.

Walaupun sering latihan berat, siswa kelas VIII SMPN 02 Kota Madiun itu juga mengimbanginya dengan istirahat dan recovery. Untuk memulihkan otot-otot yang kelelahan dan menghindari overtraining. ‘’Tak lupa selalu berdoa,’’ imbuhnya.

Sulthon mulai menggeluti dunia balap sepeda mulai 2017 lalu. Berawal diajak temannya nanjak ke Dungus, dia pun mulai ketagihan bersepeda. Apalagi, saat bersepeda dia bertemu banyak pesepeda lainnya yang menggunakan sepeda road bike. ‘’Keren saja saat melihat mereka memarkirkan sepeda road bike di depan warung,’’ ujarnya.

Sepuluh bulan terakhir Sulthon bergabung menjadi atlet Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kota Madiun. Cita-citanya menjadi atlet sepeda yang andal di masa depan. Keberhasilannya di latber Pendekar Gowes 2020 ini, menggenapi juara pertamanya pada event lomba sepeda tahun lalu di Kota Madiun. ‘’Saya akan terus mengasah kemampuan agar bisa meraih prestasi di ajang nasional,’’ janjinya.

Ferinanto, pelatih atlet sepeda balap ISSI Kota Madiun, senang atas hasil yang diperoleh anak asuhnya. Keberhasilan tersebut tak lepas dari hasil kerja keras latihan dengan semangat dan ketulusan hati sesuai arahan dan program yang telah diberikannya. ‘’Sulthon sangat luar biasa. Memiliki semangat dan rasa percaya diri,’’ sebutnya. *** (fin/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close