Magetan

Jasad di Geger Boyo Terkonfirmasi Jasad Pendaki Hilang

Hipotermia Tewas Telanjang Dada

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Temuan jasad yang tergolek di jurang Geger Boyo, Cemoro Sewu, Karanganyar, Jateng, terkonfirmasi Andi Sulistyawan. Pendaki 18 tahun yang sempat hilang jejak dari rombongannya sejak Minggu dini hari (5/7).

Ciri-ciri jasad yang kali pertama dilaporkan anggota Paguyuban Giri Lawu itu identik dengan fisik pendaki asal Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jateng. Ditemukan 300 meter dari tempat awal dia diduga hilang saat mengantarkan rekan pendaki buang hajat. ”Keluarga korban yang ikut pencarian ke atas mengonfirmasi identitas itu,” kata Kepala BPBD Magetan Ari Budi Santosa.

BPBD Magetan mengerahkan 12 personel untuk bergabung dengan tim pencari korban. Jasad korban dievakuasi lewat jalur pendakian Cemoro Kandang sekitar pukul 00.40 Selasa (7/7). Setelah tiga jam, iringan evakuasi sampai di pintu gerbang pendakian Cemoro Kandang. Jasad korban kemudian dibawa ke Puskesmas Tawangmangu untuk dilakukan visum et repertum. Selanjutnya diantarkan ke rumah duka. ”Saat evakuasi, cuaca di atas sedang badai. Tapi terus berjalan mempertimbangkan waktu yang terus berjalan,” terangnya.

Sampai kini belum dapat dipastikan penyebab kematian korban. Selain dugaan utama terjatuh ke jurang di sekitar jalur pendakian Geger Boyo. Pendaki remaja itu terluka parah di bagian kepala. Ari juga tak paham mengapa saat ditemukan jasadnya telanjang dada. Padahal, sebelum menghilang masih terlihat mengenakan jumper warna merah marun. ”Mungkin pihak kepolisian lebih paham,” ujarnya.

Komandan Tim Operasi SAR Gunung Lawu Andris Dwi Prasetya menjelaskan penyebab kematian korban karena hipotermia. Itu berdasarkan laporan dari relawan yang ikut pencarian. Dia juga meluruskan kesimpangsiuran informasi yang sempat beredar. Bahwa peristiwa penemuan mayat dan pendaki hilang merupakan satu kejadian. Yakni, orang hilang kemudian ditemukan meninggal dunia di Geger Boyo. ”Awalnya dikabarkan ada orang hilang. Kemudian masuk kabar lagi tentang penemuan mayat. Setelah kita kroscek ternyata yang meninggal merupakan pendaki yang hilang itu,” jelasnya. (rud/fat/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close