Ngawi

Jasa Sumur Sibel di Ngawi Laris Manis

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Musim kemarau membawa berkah tersendiri bagi penyedia jasa pembuatan sumur sibel di Ngawi. Karji, misalnya, sejak beberapa bulan terakhir kebanjiran pesanan dari kalangan petani. ‘’Ada tiga orang yang biasanya membantu saya,’’ kata Karji Rabu (12/8).

Karji mengatakan, selama dua bulan terakhir sudah mengerjakan 25 sumur sibel. Sementara, order garapan yang masuk daftar tunggu sekitar 20. ‘’Ada yang membuat (sumur) dari awal, ada juga yang hanya menambah kedalamannya,’’ terang warga Desa Kersoharjo, Geneng, itu.

Karji mengaku mematok tarif mulai Rp 12 juta untuk mengerjakan pembuatan sumur sibel. Biaya itu ditetapkan berdasarkan kedalaman sumur dan diameter pipa yang digunakan. ‘’Ada juga yang hanya mengebor, peralatannya diserahkan ke orang lain,’’ jelasnya.

Rimin, salah seorang petani, menyebut penggunaan sumur sibel untuk mengairi lahan sawah lebih hemat dibanding menyewa diesel yang tarifnya mencapai Rp 25 ribu per jam. ‘’Mahalnya (pembuatan sumur sibel) hanya di awal. Dalam jangka panjang lebih irit,’’ tuturnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close